Anggota Komici C DPRD Kab Sidoarjo Sidak Proyek Jl TARIK -MLIRIP, Tendang Konstruksi hingga Ambrol

TIMOROMAN.COM – Virall !!! Komici C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sidoarjo melakukan inspeksi mendadak (Sidak) proyek peningkatan Jl. TARIK – MLIRIP Kecamatan Tarik hari Rabu (23/08/2023).

Sidak dilokasi Proyek Peningkatan Jl. TARIK – MLIRIP yang menelan anggaran Rp 26 Milyard didatangi langsung oleh wakil ketua komici C DPRD Kab Sidoarjo Anang Siswandoko ST dan didampingi anggota komici C Nizar dan Vike Widya Asroni dkk.

Setelah tiba dilokasi Anang dan anggotanya menuju tanggul penahan tanah (TPT) di sisi jalan beton .langkahnya tegas dia mendatangi titik bangunan TPT yang tampak mencurigakan .Anang lantas menekan pasangan batu kali di TPT itu .(AMBROL) Diremasnya campuran semen dan pasir sampai hancur.wahahnya seketika tampak kesal dan geram “lho ,apa -apaan Iki (Apa-apa an ini,red),”ujarnya.

Kaki Anang terlihat menendang pasangan batu dan semen itu seketika pasangan ambrol .hancur dan jatuh ke sawah .Berkeping -keping .Anang pun melangkah ke Titi lain .kondisi nya sama .di tendang sedikit saja ,pasangan batu dan semen itu rompal lalu mengeluarkan debu.”Crassshhh,Krosak”

Semua anggota komiciC DPRD Kab Sidoarjo pun segera mendekat. Para legislator itu memanggil konsultan pengawas di lokasi .Seorang lelaki muda segera mendekat yang berinisial (Wahyu) yang di duga Bukan tenaga ahli dari konsultan pengawas yg berkontrak sama Dinas PUBM SDA Kab Sidoarjo .Dia berusaha menjawab kekesalan dan geram wakil rakyat itu dengan argumen

“Satu banding berapa ini pasangannya?” tanya Anang.

“Satu banding tiga,Pak,” ujar lelaki muda itu.

Anang terlihat tambah kesal dan geram .mereka menyatakan tidak mungkin perbandingan semen dan pasir di pasangan TPT itu 1 – 3. Mungkin, Mala 1 : 8 atau 1 : 10 .kalau 1 : 3 tidak mungkin dipegang dan ditendang begitu langsung hancur

“Bagaimana sampean bekerja sebagai pengawas di sini,” ujar Anang lagi . Dia menduga semua pasangan batu,semen,dan pasir di TPT itu sama saja,Campuran tidak sesuai rencana anggaran biaya (RAB).

Petugas konsultan pengawas itu masih terus membela diri. Adu argumen pun tidak terhindarkan mereka bersikukuh hanya titik -titik tertentu yang ambrol seperti itu .Yang lain sudah sesuai dengan RAB .Anang semakin kesal dan geram.

“Ayo kita buat pasangan 1 – 3 . Aku sendiri yang pasang kita buktikan hasilnya,” kata legislator asal partai Gerindra tersebut.

Anang Siswandoko pun menyatakan komici C DPRD Sidoarjo tegas merekomendasikan agar bangunan TPT itu(Di BONGKAR),Di beberapa titik sudah terbukti tidak memuaskan .Dia memastikan sepanjang TPT itu dikerjakan dengan cara yang sama.

“Kami minta ganti seluruh pasangan batu kali itu mestinya 1 : 3 ,tapi entah berapai itu,” tegas dia

Anang mengatakan , hasil inspeksi mendadak itu menunjukan banyak sekali kelemahan dalam fungsi konsultan Pengawasan .Mereka setiap hari bekerja sehingga semestinya harus terus mengigatkan kontraktor pelaksana agar bekerja sesuai RAB.

Dia meminta Dinas PU Bina marga dan Sumber Daya Air (BM SDA di Bidang jalan) mengevaluasi kinerja konsultan pengawas dan kontraktor pelaksana .DPRD memastikan akan memanggil semua pihak yang terkait proyek tersebut untuk (Hearing) di DPRD .Akan di telusuri .Berapa anggaran proyek tersebut.siapa konsultan perencanaan nya.siapa kontraktor pelaksananya siapa konsultan pengawas yang tenaga ahli nya bukan yang Berkontrak Sama Dinas PUBM SDA di Bidang jalan.

“Buat apa bayar mahal konsultan pengawas kalau hasilnya seperti itu,”tegas Anang. (UDIN/REKSA)

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *