Proyek Bernilai Puluhan Milyar di Tulangan Diduga Tak Sesuai Spek Disorot LSM

TIMOROMAN.COM- Pelaksanaan kegiatan Peningkatan Jl.Tulangan menuju Bulang kecamatan tulangan Kabupaten Sidoarjo Propinsi Jawa timur yang sumber anggaranya dari APBD tahun 2022 dengan nilai kontrak 68,195 milyar diduga pelaksananya tidak sesuai dengan spesifikasi tenik (Spektek) PU

Proyek tersebut dikerjan olek PT. Surya Mataram Sakti yang beralamat Panggungsari No.154 G,Rt.008 Rw.023 Sariharjo,Ngaglik Kabupaten Sleman Jawa Tengah.
Namun pada kenyataan pelaksanaan di lapangan ditemukan ada beberapa kejanggalan di antaranya Papan Informasi Proyek belum dipasang sampai saat ini.

KERI-2

Selain itu pekerjaan beton untuk lantai kerja sebagai dasar beton di atasnya tebal dan mutu betonnya diduga tidak sesuai dengan spek PU, ketebalan lantai kerja di lapangan terukur 7- 8 Cm dan beton lantai kerja agregat kasarnya sebagian tergerus atau terkelupas diduga mutu betonnya tidak sesuai dengan Spek PU.

Menurut Udin yang mendampingi awak media dari LSM Ababil mengatakan sedih dan prihatin melihat fenomena yang terjadi di lapangan, proyek yang dibangun dengan anggaran puluhan milyar mutu pekerjaannya mengecewakan masyarakat.

Dia menyayangkan pihak – pihak yang terlibat mulai dari Konsultan Pengawas dan dinas terkait terlihat adanya unsur pembiaran dan ini tidak bisa dibiarkan karena dampak dari tidak profesionalnya para pihak dalam pekerjaan ini yang menjadi korbannya adalah masyarakat sebagai pemilik aspirasi sekaligus anggaran proyek ini dihimpun dari pajak masyarakat.

KERIKIL OK

“Jangan salahkan masyarakat kalau ada bukti kejanggalan yang kuat¬† melaporkan ke APH (aparat penegak hukum) karena dilindungi PP no 43 tahun 2018 tentang tata cara pelaksanaan peran serta masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan dan pemberantasan tindak pidana koropsi pungkas Udin.(reksa/udin)

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *