LSM LASKAR ABBIL : Diduga pemasangan Besi Pembangunan Gedung Terpadu RS Sibar Tidak Sesuai RAB

TIMOROMAN.COM– Pengerjaan proyek pembangunan Gedung Terpadu Rumah Sakit Sibar baru berjalan beberapa minggu yang lalu, namun pihak Rumah sakit Sibar Kabupaten Sidoarjo Sudah menerima laporan ketidaksesuaian dengan rencana yang disampaikan LSM LASKAR ABABIL.

Temuan itu terungkap saat Awak media turun di lapangan (06/10/2023) untuk melihat progres proyek yang dikerja kan CV RIZKA ABADI itu.

“Kami lakukan pengecekan sebagai bentuk pemantauan agar pekerjaannya ke depan benar – benar berkualitas,”terang awak Media Timoroman.

Dari hasil pantauan ke lokasi  terdapat beberapa temuan yang perlu ditindaklanjuti oleh pihak kontraktor pelaksana. Misal , besi yang digunakan tidak sesuai dengan rencana anggaran biaya (RAB)  seharus memakai besi DP (DELCO PRIMA TS 420) tapi fakta di lapangan memakai Besi Merk IBD TS 280 di mana diduga tidak sesusai spesifikasi di dokumen lelang yang dipersyaratkan.

“Sebenar nya dengan adanya masalah ini di mana besi kontruksi nya tidak sesuai RAB,untuk pekerjaan Pilecape, sloff,dan juga kolom,jelas ini di duga mengurangi mutu pekerjaan pemasangan besi.

Namun , lanjut Awak media ,alangkah baiknya tetap dilanjutkan sesuai RAB.Supaya hasilnya benar – benar persis sesuai perencanaan,”Besinya berbeda dengan yang tertera di RAB ,Tapi lagi -lagi ini sangat terlalu bermasalah ,” terangnya yang semestinya digunakan untuk proyek tersebut.

Pihak Rumah Sakit Sibar untuk ke depan harus serius melakukan pengawasan .Sebab.anggaran proyek yang dibiayai Dana APBD Kab Sidoarjo ini tidak kecil Proyek yg anggaran mencapai 8 milyard ,” Kami inggin pihak kontraktor pelaksana mengerjakan sesuai yang tercantum di kontrak,” harapnya

Ketua LSM LASKAR ABABIL Kab Sidoarjo menegaskan ,Bilamana pemasangan besi kontruksi pembangunan Gedung Terpadu Rumah Sakit Sibar yang diduga tidak sesuai spesifikasi dengan RAB itu Pihak PPkom RUMAH sakit Sibar harus berani “Bongkar” pemasangan Besi kontruksi tersebut,” ujarnya.

“Kalau besi semuanya itu sesuai (Standart Nasional Indonesia) SNI sesuai dengan RAB.Namun pemasangannya yang bermasalah  yang telah mengurangi volume pekerjaan,” terang ketua LSM LASKAR ABABIL BERSAMBUNG (UD/RK)

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *