LSM Ababil Soroti Normalisasi Sungai Damarsi Sidoarjo

TIMOROMAN.COM – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui dinas PU Bina marga dan sumber daya air melakukan kegiatan normalisasi sungai Damarsi Kecamatan Buduran.

Anggaran yang digunakan bersumber dari APBD Kabupaten Sidoarjo dengan nilai kontraknya sebesar Rp.319.954.000,.dikerjakan oleh kontraktor Cv. Mahendra Tama Raya sebagai konsultan pengawasnya  CV Ageng Sukses.

Kegiatan tersebut  patut diacungi jempol karena merupakan salah satu upaya untuk menanggulangi banjir di wilayah Kecamatan Sedati, namun sangat disayangkan lokasi yang dinormalisasi bukan dimulai dari hilir sungai tetapi lokasi yang dinormalisasi berada di area kanan kiri yang dikuasai Pengembang Perumahan.

DAMARSIE-1

Kegiatan ini menimbulkan pertanyaan bagi masyarakat bahwa kebijakan yang dilakukan dinas diduga adanya kerjasama atau deal-deal dengan pengembang sehingga pengembang sangat diuntungkan dari kegiatan tersebut karena kawasan pengembang tersebut tidak banjir.

Selanjutnya pantauan dan investigasi media hasil pekerjaan Normalisasi yag dilaksanakan oleh Cv.Mahendra Tama Raya dilokasi pekerjaan juga patut disayangkan karena diduga Volume Normalisasi ( lumpur) yang ada disamping bibir sungai tidak sebanding dengan nilai Kontrak yang ada dipapan nama Proyek Rp.319.954.00.

Dilihat dari lebar dan tebal hasil normalisai atau lumpurnya di samping bibir sungai dan pekerjaan tersebut terlihat asal jadi karena hasil normalisasi tidak dirapikan dengan tenaga manual.

DAMARSIE-2

Menurut Udin sala satu aktivis LSM ABABIL pihaknya akan memonitor  kegiatan ini sampai selesai apabila terbukti adanya indikasi unsur KKN dan adanya kerugian uang negara. “Kami tidak segan akan laporkan kegiatan ini ke Aparat Penegak Hulum ( APH),” pungkas Udin kepada media.(udin/reksa)

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *