Pertumbuhan Ekonomi TL Tertinggi di Pasifik

By on July 3, 2013 , 1,361 views
East-Timor-Solar
Digg ThisShare via email

DILI- Timor-Leste berada di trek yang benar mencatat pertumbuhan sebesar 9,5% pada tahun 2013 tingkat terkuat di kawasan Pasifik, tetapi beberapa risiko penurunan bagi perekonomian membayang, demikian laporan terbaru Pacific Economic Monitor, dirilis hari ini oleh Bank Pembangunan Asia (ADB).

“Pertumbuhan tetap kuat tahun ini, dengan sektor swasta melakukan dengan baik, tetapi ada beberapa awan badai potensial ke depan dengan perlambatan dalam pemerintahan dan belanja modal pada kuartal pertama dan beberapa kelemahan harga minyak,” kata Shane Rosenthal, Resident Representative kantor Timor Leste ADB.

“Inflasi juga berjalan di atas proyeksi meskipun kekhawatiran tentang tekanan harga sebagian oleh perlambatan diharapkan dalam belanja infrastruktur.”

Proyeksi terbaru pertumbuhan produk domestik bruto adalah sedikit di bawah perkiraan ADB April 10,0%. Namun, untuk 2014, ADB memperkirakan kekuatan minyak menjadikan pertumbuhan menjadi 10,0%. Wilayah Pasifik secara keseluruhan diperkirakan akan tumbuh 5,0% tahun ini, meningkat menjadi 5,5% pada tahun 2014, sebagai manfaat dari wilayah ekonomi global yang lebih kuat.

Belanja pemerintah turun lebih dari 60% year-on-year pada kuartal pertama tahun ini. Belanja modal merosot bahkan lebih dramatis 90%, menyusul tingginya tingkat pengeluaran untuk proyek elektrifikasi nasional pada tahun 2012. Tingkat sederhana belanja modal di kuartal menyumbang kurang dari 2% dari total yang dialokasikan untuk 2013, meningkatkan keraguan tentang peluncuran program infrastruktur yang diusulkan pemerintah tahun ini.

Scaling up kemampuan pemerintah untuk melaksanakan rencana pembangunan infrastruktur yang ambisius telah menjadi masalah dalam beberapa tahun terakhir alokasi tahunan untuk proyek-proyek modal telah meningkat sangat pesat.

Pada saat yang sama, dana dari minyak terus tumbuh, dari $ 1,2 miliar pada kuartal pertama menjadi $ 13 milyar, di belakang arus masuk dari royalti, pajak dan hasil investasi yang kuat. Sejumlah proposal telah diajukan untuk menjamin kesinambungan dana.

Tekanan inflasi tetap menjadi perhatian dengan inflasi harga konsumen peramalan ADB sebesar 9,0% untuk 2013, jauh di atas tingkat diproyeksikan lainnya di wilayah ini.

Pada kuartal pertama, biaya makanan dan transportasi naik 15,5% year-on-year dan harga perumahan naik 8,2%, terutama sebagai akibat dari kemacetan rantai suplai internal. Ke depan, bagaimanapun, harga mungkin mendapatkan beberapa bantuan dari penurunan lebih lanjut dalam harga komoditas internasional, dolar AS naik, dan penyelesaian proyek elektrifikasi nasional tahun 2012, yang diharapkan dapat mengurangi kendala kapasitas.

ADB, yang berbasis di Manila, didedikasikan untuk mengurangi kemiskinan di Asia dan Pasifik melalui pertumbuhan ekonomi yang inklusif, pertumbuhan lingkungan yang berkelanjutan dan integrasi regional. Didirikan pada tahun 1966, dimiliki oleh 67 negara anggota – 48 dari daerah.

Pada tahun 2012, bantuan ADB sebesar 21,6 miliar dolar termasuk pendanaan bersama sebesar 8,3 miliar dolar.(ADB)

 

Digg ThisShare via email

About suarez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*