Pemilihan Gubernur NTT: 16.445 Orang di Ngada Tidak Memilih

By on March 21, 2013 , 82 views
kotak_suara
Digg ThisShare via email

KUPANG -- Sebanyak 16.445 orang pemilih di Kabupaten Ngada tidak ikut memilih dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur NTT periode 2013-2018. Dengan tingginya jumlah warga yang tidak ikut memilih kali ini dapat menggambarkan kalau tingkat partisipasi warga pemilih di Kabupaten Ngada menurun.

Ketua KPU Ngada, Arnoldus Keli Nani, A.Md mengatakan hal itu kepada Pos Kupang di Kantor KPU, Selasa (19/3/2013). Menurut Keli Nani, tingkat partisipasi pemilih dalam pilgub kali ini dinilai menurun, karena dari jumlah DPT Ngada sebanyak 84.564, yang memilih hanya 68.119 atau 79 persen. Sedangkan yang tidak ikut memilih sebanyak 16.445 orang.

Keli Nani yang didampingi salah satu anggota Komisioner Hendrica Melania Lame, S.T mengatakan, faktor pertama dan utama warga tidak mengikuti pemilihan adalah jarak tempat tinggal warga dengan TPS yang sangat jauh. Di Ngada demikian, Keli Nani, ada beberapa wilayah yang jarak antara TPS dengan tempat tinggal warga mencapai 3-5 kilometer. Hal itu juga disampaikan warga wajib piilih kepada petugas KPU yang bertugas di lapangan saat pemungutan suara tanggal 18 Maret 2013.

Selain itu, faktor kesadaran warga pemilih yang masih rendah juga untuk wilayah Kota Bajawa, masih ada warga dalam hal ini pegawai yang lebih memilih untuk berlibur ke kampung halaman dibandingkan mengikuti pemilihan. Karena kebetulan Kabupaten Ngada sistim lima hari kerja, jadi banyak pegawai mendapatkan kesempatan berlibur mulai Sabtu (16/3/2013) hingga Senin (18/3/2013).

Menurut Keli Nani, untuk satu TPS jumlah pemilih maksimal 600 pemilih. Dengan keterbatasan anggaran, maka KPU tidak bisa menambah jumlah TPS. pk

Digg ThisShare via email

About yulio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*