Kerukunan Umat Beragama di Indonesia Terbaik di Dunia

By on July 13, 2013 , 24 views
menag
Digg ThisShare via email

JAKARTA – Kerukunan antar umat beragama di Indonesia dinilai sebagai salah satu yang terbaik di dunia. Sebagai negara Muslim terbesar di Indonesia, Indonesia sangat menghargai masyarakat yang minoritas.

“Pada kerja sama pelaksaan MTQ tahun 2012 di Ambon. Ambon merupakan wilayah yang pernah berkonflik antara Kristen dan Islam. Namun gubernurnya yang sekarang beragama Kristen datang ke saya agar pelaksanaan MTQ digelar di Ambon,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali (SDA), saat memberikan keterangan pers kerukunan umat beragama di Gedung Kemenag Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2013).

Ketua Umum Partai Persatuan pembangunan (PPP) ini, merasa kagum atas antusias masyarakat nasrani mensukseskan MTQ di Ambon kala itu.

“Disitu lah kita melihat betapa hebatnya kerja sama dalam pelaksanaan MTQ. Terutama umat Kristen dan tokoh gereja. Panitia dari umat Kristiani banyak. Paduan suara gereja jadi paduan suara yang ditampilkan pada pembukaan dan penutupan. Mars MTQ dinyanyikan paduan suara gereja. Lagu-lagu rohani Islam dinyanyikan paduan suara gereja,”bebernya.

Selain itu, kata SDA, pelaksanaan Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) yang diselenggarakan di Sulawesi Tenggara yang mayoritas penduduknya 94 persen beragama Islam berjalan dengan lancar. “Pelaksanaan Pesparawi tersebut berlangsung tanpa gangguan. Bahkan 85 persen panitianya adalah Islam,” imbuhnya.

Menurut SDA, setiap hari besar perayaan agama manapun di Indonesia, Presiden SBY selalu menghadirinya. “Tidak ada negara di belahan dunia manapun dimana hari besar setiap agama diperingati secara nasional dan dijadikan hari libur nasional dan turut dihadiri oleh presiden dan wakil presiden,” tutupnya.okz

Digg ThisShare via email

About yulio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*