Gutteres Pesimistis tentang Masalah Warga Eks Timtim

By on March 5, 2013 , 195 views
gutteres
Digg ThisShare via email

KEFAMENANU— Janji Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menyelesaikan masalah pengungsi eks Timtim tuntas sebelum tahun 2014 disambut pesimistis oleh Ketua Umum Uni Timor Aswain (Untas) Eurico Gutteres.

“Saya yakin penyelesaian masalah eks pengungsi Timtim tidak akan tuntas sebelum 2014, karena sebagian besar bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat masih jauh dari harapan. Salah satu contoh, yakni bantuan renovasi bagi rumahresettlement yang sudah rusak dengan dana hampir Rp 2 triliun. Namun, dalam pengelolaannya memakai sistem ‘tender di atas tender’ (dikerjakan oleh kontraktor), sehingga hasilnya menjadi rumah yang tidak layak huni,” kata Gutteres, kepada Kompas.com, Sabtu (2/3/2013) kemarin.

Lebih celakanya lagi, kata Gutteres, para pemenang tender, dengan begitu yakin dan berani, mendaftarkan orang-orang yang berhak. Mereka menempelkan sebuah triplek bertuliskan nominal uang –jumlahnya masih diragukan kebenarannya–, di dada warga penerima. Kemudian, pemandangan itu difoto untuk dibuatkan laporan. Lalu, uang itu diambil kembali oleh pemenang tender. Selanjutnya, sang pemenang tender secara sepihak membelanjakan bahan bangunan dan diserahkan kembali kepada warga yang menerima.

“Saya tidak bermaksud mencari siapa yang bersalah, dan juga tidak bermaksud menyinggung perasaan orang, tetapi saya berjuang keras di Jakarta, hanya untuk warga eks Timtim dan saudara-saudara kita warga lokal yang juga perlu dibantu,” tegas Gutteres.

Bantuan-bantuan ini, menurut Gutteres, sering juga disalahgunakan di saat-saat pemilihan umum kepala daerah dan pemilihan legislatif. “Ada pihak yang mengatakan ini saya yang memperjuangkannya, sehingga kalau kamu coblos saya pada pemilukada atau pemilu legislatif, maka kamu yang akan dapat bantuan,” kata Gutteres.

“Coba kita bayangkan, bantuan-bantuan begitu besar dikucurkan oleh pemerintah pusat, semestinya jatuh pada masyarakat yang berhak, tapi malah digunakan untuk suksesi pemilukada di beberapa daerah,” kata Gutteres.

Gutteres pun berharap bantuan itu dapat dikawal secara bersama oleh semua pihak, sehingga keinginan baik dari pemerintah pusat bisa terwujud tepat waktu.  kompas

Digg ThisShare via email

About yulio

One Comment

  1. Sempre

    March 6, 2013 at 12:20 am

    Eurico Gutteres uluk mak odoko Inodnezia maibe agr odoko mos ema hatene ona tamba uluk 1999 o dehan OTONOMI mak atu menan maibe realidade Refrendum mak menan neé hatudu katak ita boót mau REGA boót ida?????????????

    Koitado hare povu neébe ita boót lori ba indonesia toó agora sei hela nafatin iha Lona okos tamba deit o nian hahalok no o nia grupu beik ten la hatene politik alis bunu diri neeeeeee?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*