Ada Timor Leste di Pesta Kesenian Bali

By on June 18, 2013 , 51 views
bali
Digg ThisShare via email

DENPASAR - Pesta Kesenian Bali (PKB) ikut dimeriahkan penampilan dari negara sahabat yang pernah menjadi bagian dari Indonesia, yakni Timor Leste. Mereka menampilkan tarian dengan baju tradisionalnya. Penampilan merupakan perdana dilakukan di PKB.

Di PKB, tak hanya kesenian dari Bali yang ditampilkan. Tapi sejumlah penampilan dari provinsi dan kabupaten lain di indonesia. Sebut saja Papua, Kabupaten Sumenep, dan Kabupaten Lampung Barat.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara resmi melepas pawai PKB ke-35 2013 di depan Monumen Perjuangan Rakyat Bali, Bajra Sandhi. Kemudian pada pukul 20.00 ia membuka PKB di Taman Budaya Denpasar.

SBY menandai pelepasan pawai dengan memukul gong beri. Mendampingi Presiden antara lain mendikbud, menteri pariwisata dan ekonomi kreatif, menteri ESDM, Seskab Dipo Alam, dan Gubernur Bali Made Mangku Pastika..

Pawai diawali dengan atraksi seni Adi Merdangga kolaborasi antara Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar dan siswa SMK 5 Denpasar. Mereka menampilkan ratusan penabuh gendang dan penari. Mereka membawakan Tari Siwa Nataraja, yang menampilkan Dewa Siwa, yang dalam mitos Hindu merupakan Dewa Kesenian.

Kemudian, tampil tim kesenian dari Papua Barat lengkap dengan busana tradisional, gendang tifa, gerakan khas, dan nyanyi bersaut-sautan. Di akhir atraksinya sekitar 70 seniman Papua Barat, membawakan tari Bendera Merah Putih. Ini menggambarkan patriotisme masyarakat Papua sebagai bagian dari NKRI.

Pawai mengambil rute perempatan Jalan Moh Yamin, Renon, menuju ke barat melewati Monumen Bajra Sandhi dan finis di depan Kantor Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali. Presiden SBY akan membuka PKB pada pukul 19.00 Wita di kawasan yang sama. republika

Digg ThisShare via email

About yulio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

*