Kegiatan Normalisasi Sungai di Tulangan Oleh Dinas PUBM Kab Sidoarjo Bidang Air, Belum efektif

SIDOARJO – Kegiatan normalisasi sungai di Tulangan yang dilakungan Dinas PUBM l Kab.Sidoarjo oleh Bidang Air terlihat masih belum efektif untuk  menangangi sedimen di sungai.

Belum efektif karena galian tersebut dibuang di pinggir sungai, jika saat hujan turun tanah galian tersebut kembali  lagi kesungai dan menimbulkan sedimen kembali.

Mestinya galian tanah tersebut harus diangkut truk dan dibuang ke tempat khusus pembuangan, apalagi daerah tersebut padat permukiman dan  berdampingan dengan Jalan raya.

Dengan adanya kegiatan tersebut justru menimbulkan permasalahan baru di kawasan tersebut.  Pekerjaan ini dikerjakan oleh CV Duta Kartika.

“Air hujan dari jalan nantinya tidak akan langsung lari ke sungai sehingga terjadi genangan air di tengah jalan yang bisa menyebabkan  terjadinya kecelakaan lalu lintas dan juga bisa merusak konstruksi jalan tersebut,” demikian Udin anggota LSM Sidoarjo.

NORMAL-2

Kegiatan dinas tersebut terkesan hanya menghabiskan anggaran  dan tidak menyelesaikan masalah yang menyeluruh Justru menimbulkan masalah baru bagi masyarakat.

Indikasinya, papan nama proyek tidak terpasang di Lokasi sehingga warga masyarakat tidak tahu berapa anggaran kegiatan (diduga disembunyikan.

“Pengawasan dari konsultan Pengawas dan Pengawasan dari Dinas Terkait tentang prkerjaan Normalisasi Sungai di Tulangan tampaknya lemah,” kata Udin menambahkan.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *