LBH Justiabelen Mitra Advokasi Mahasiswa Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Justiabelen bersama kedutaan Timor Leste menggelar Seminar bertajuk Kasih dan Keadilan, Sabtu (13/4/2019) di Sriwedari Hotel Yogyakarta.

Kegiatan yang melibatkan 50 peserta mulai jari jenjang sarjana, master maupun doktoral ini diselenggarakan dalam rangka mempererat tali persaudaraan dengan mahasiswa Timor Leste yang berada di Yogyakarta.
Ketua Umum Yayasan Justiabelen Marihot G.T. Sihombing mengungkapkan warga negara Timor Leste yang bermukim di Yogyakarta, terhitung cukup banyak, terutama dari kalangan terdidik atau mahasiswa yang menuntut ilmu di sejumlah universitas di Yogyakarta.

“Mereka butuh suatu wadah untuk berdialog, berorganisasi, dan beradaptasi dengan lingkungan sosial budaya di Indonesia, sekaligus advokasi berbagai masalah yang bersinggungan dengan hukum,” kata Hombing kepada Tribun Jogja.
Oleh karena itu, lanjut Hombing, seminar ini akan membuka wawasan kepada para mahasiswa Timor Leste yang bermukim di Yogyakarta agar lebih mengenal tatanan hukum di Indonesia agar cita-cita mereka selama menempuh pendidikan, lancar hingga kembali ke tanah kelahiran mereka.

“Beberapa masalah seperti keimigrasian, dan gesekan sosial, bahkan tersangkut perkara baik pidana maupun perdata tentu akan menjadi penghambat mengejar cita-cita. Nah, LBH Justiabelen siap melakukan advokasi,” tandasnya.

Hombing menambahkan mengenal cultur sosial dan tatanan hukum di Indonesia menjadi kunci keharmonisan, selain itu Hombing juga berpesan agar mahasiswa Timor Leste memperkuat organisasi mahasiswa untuk menjembatani setiap permasalahan secara cepat dan tuntas.

“Seminar ini adalah langkah awal kerjasama LBH Justiabelen dengan kedutaan Timor Leste. Selanjutnya akan kami rumuskan untuk menggelar berbagai kerjasama baik internal dan eksternal yang potensial,” tutupnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *