Pakar PBB untuk Hak-hak Masyarakat Adat akan ke Timor Leste

TIMOROMAN.COM- Pelapor Khusus PBB untuk hak-hak masyarakat adat, Victoria Tauli-Corpuz, akan melakukan kunjungan resmi ke Timor Leste mulai 8 hingga 16 April.

Selama kunjungannya, Tauli-Corpuz akan memeriksa berbagai masalah yang mempengaruhi masyarakat adat, termasuk sistem peradilan adat, masalah tanah masyarakat, pendidikan, konservasi dan adaptasi perubahan iklim dan langkah-langkah mitigasi.

“Saya berharap untuk belajar tentang budaya Timor dan bagaimana bangsa muda Timor Leste menghadapi tantangan seperti memastikan akses terhadap keadilan dan pelaksanaan hak atas tanah,” kata Victoria.

“Saya juga akan mempelajari langkah-langkah konservasi dan bagaimana Timor Leste menghadapi dampak perubahan iklim,” katanya.

Kunjungan ini diadakan atas undangan Pemerintah Timor Leste. Pelapor Khusus akan bertemu dengan Pemerintah dan pejabat Negara lainnya, masyarakat sipil, PBB dan lainnya di Dili dan akan melakukan kunjungan masyarakat untuk membahas prioritas dan masalah masyarakat.

Di akhir misinya, pada Selasa 16 April, Tauli-Corpuz akan mempresentasikan temuan awal dan rekomendasinya kepada Pemerintah, diikuti dengan konferensi pers pada pukul 10.30 waktu setempat di Hotel Timor, Dili. Akses akan terbatas pada jurnalis.

Laporan akhir yang berisi temuan dan rekomendasi dari kunjungan tersebut akan disampaikan kepada Dewan Hak Asasi Manusia pada bulan September 2019(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *