Uang China, Indonesia dan Singapura Mengejar Pertambangan di Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Dua investor pertambangan Australia ingin penduduk lokal mencari di dekat dan Timor Leste yang belum dimanfaatkan untuk usaha mereka selanjutnya.

Pendiri dan direktur Iron Fortune Mary Thompson mengatakan perusahaan swasta itu telah mencari peluang bijih besi di Australia Selatan sebelum perjalanan delegasi perdagangan 2014 ke Timor Leste.

“Luar biasa menemukan provinsi yang prospektif namun kurang dieksplorasi,” katanya.

Dalam kasus kabar baik yang bepergian perlahan-lahan, perusahaan tersebut memprakarsai Forum Bisnis Timor Leste Australia yang berakhir di Melbourne minggu lalu untuk menyebarkan pesan bahwa para penambang Australia yang ingin pergi ke luar negeri tidak harus melakukan perjalanan ke Afrika.

Ms Thompson mengatakan uang dari China, Indonesia dan Singapura sudah mengejar peluang penambangan,terutama mangan.

Ketika ia mulai menyelidiki negara yang berpenduduk 1,3 juta orang, referensi geologis utama adalah dua peta yang diproduksi pada 1930-an dan 1960-an yang ketika itu adalah koloni Portugis.

Dengan tidak adanya kode penambangan yang ditetapkan, Iron Fortune telah beroperasi di bawah lisensi untuk penelitian ilmiah.

“Kami telah mengambil pengamatan dan sampel dari banyak lokasi di sekitar Timor Timur, dan kami didorong oleh apa yang kami lihat,” katanya.

Perusahaan yang berbasis di Melbourne ini telah mengajukan enam izin eksplorasi di berbagai wilayah negara setengah pulau itu untuk mengejar logam mulia dan logam mulia.

Direktur Iron Fortune lainnya, Ian Sinclair, mengatakan dia optimis dengan lisensi, yang tidak bergantung pada kode penambangan baru yang akan diperkenalkan akhir tahun ini, akan diberikan segera.

Iron Fortune berencana untuk menggunakan pengalaman kerja lapangan selama lima tahun untuk mengidentifikasi perusahaan apa yang sudah beroperasi di Timor Lorosae dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk mendukung eksplorasi pertambangan. Ini termasuk yang sudah mendukung sektor minyak dan gas pertahanan dan lepas pantai.

Di sebuah negara yang tidak terbiasa menambang di luar penggalian, Ms Thompson mengatakan Iron Fortune mungkin tidak dapat mengebor tahun depan, bahkan jika ia menerima lisensi yang diperlukan.

“Anda benar-benar ingin melakukan keterlibatan masyarakat dengan benar sebelum Anda pergi dan menempelkan rig pengeboran di halaman belakang seseorang,” katanya.

Timor Leste, sebagai bangsa lebih suka dikenal, akan merayakan 17 tahun kemerdekaan pada bulan Mei, tetapi baru mulai sebagai tujuan penambangan.

Ketika sebuah pelabuhan baru di dekat ibu kota Dili membutuhkan penggalian besar-besaran, Iron Fortune memperkenalkan pembuat bahan peledak Australia Orica kepada Pemerintah untuk membantu mengembangkan kode bahan peledak.

Thompson mengatakan bahwa Timor Lorosa’e adalah peluang bagi perusahaan pertambangan yang berpengalaman dalam mengeksplorasi di negara-negara berkembang.

“Ini tempat yang aman, dan kamu tidak bisa mengatakan itu 10 tahun yang lalu,” katanya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *