Asma Tidak Pernah Jadi Batasan untuk Berolahraga

TIMOROMAN.COM- Olahraga sangat penting untuk semua orang, terutama jika Anda menderita asma. Namun, untuk mereka yang mengalami gangguan pernapasa diperlukan kehati-hatian.

Pada asma, masalah utama adalah bahwa sekresi di saluran udara bronkial menjadi tebal dan menempel pada dinding saluran udara paru-paru. Ini lebih rumit dengan penyempitan saluran udara paru-paru. Sering kali, pasien harus dirawat di rumah sakit karena saluran udara menjadi tersumbat karena sekresi yang tebal.

Jika Anda mengalami sesak napas atau dada terasa berat, jangan pernah mencoba olahraga apapun. Yang terbaik adalah melakukan latihan interval kecil yang teratur ketika tidak menderita gejala apapun. Penguatan otot interkostal, otot pectoralis dan diafragma harus dilakukan.
Asma tidak pernah menjadi batasan untuk berolahraga. Menjaga diri Anda bugar secara fisik membantu mengatasi atau mengurangi intensitas penderitaan.

Praktik terbaik adalah melakukan pemanasan singkat selama 10 menit sebelum memulai latihan utama dan memiliki fase pendinginan bertahap setelah latihan. Pasien juga harus terhidrasi dengan baik sebelum memulai latihan untuk mencegah kekeringan pada saluran udara karena panas berkembang selama latihan.

Jangan pernah melewatkan obat biasa atau menggunakan inhaler 10 hingga 15 menit sebelum memulai olahraga.

Penderita asma juga harus berhati-hati saat berolahraga di luar ruangan karena serbuk sari dan debu lingkungan. Namun, olahraga itu sendiri dapat menyebabkan serangan asma untuk beberapa orang. Ini disebut Latihan Broncho Constellation Diinduksi.

Gejala-gejala ini muncul sebagai batuk, mengi, sesak napas, sesak dada dan mudah lelah. Gejala-gejala ini dapat muncul 15 sampai 20 menit setelah memulai atau menyelesaikan latihan. Dalam kasus seperti itu, konsultasikan dengan spesialis tanpa penundaan.

Dilansir The New Indian Express, praktik yoga tertentu seperti Kapalbhathi, Anulomvelom, Bhramari, dan Bhastrika dapat membantu meringankan gejala gangguan pernapasan. Jenis olahraga tersebut dapat membantu menjaga pipa paru-paru bersih dari stagnasi dahak. Namun, ini harus dipraktikkan di bawah bimbingan guru yang berpengalaman dan bukan dengan menonton video.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *