Batuk Juga Ada Etikanya

TIMOROMAN.COM– Rumah Sakit Manyar Medical Centre (MMC) bekerja dengan BPJS dan Pemkot Surabaya berkampanye untuk melakukan pencegahan penularan penyakit tubercolusis (TB) hingga tahun 2030 mendatang.

Demikian penjelasan dr Sari Putri Utami, Kepala Bagian Komunikasi, Informasi dan Pemasaran RS MMC Surabaya, di ruang kerjanya, Selasa (19/3).

Dia nenambahkan bahwa kampanye ini merupakan implementasi kesepakatan Indonesia bersama lebih dari 100 negara di dunia yang bertekad untuk mencapai eliminasi pada tahun 2030, seperti ditegaskan oleh Dirjen P2P Anung Sugihantono.

“Oleh karena itu, diperlukan investigasi mendalam keterlibatan tenaga kesehatan sektor swasta lebih lanjut, dalam menemukan kasus yang tidak dilaporkan dan memperkecil kesenjangan dengan kasus yang terdeteksi,” kata Sari.

Dia menyatakan untuk mencegah dan memberantas kasus TBC ini, RS Manyar Medical Centre Surabaya berperan aktif dalam menemukan dan mendeteksi penderita TBC.

“Dan tak lupa kita sebagai tenaga kesehatan, harus terus mengajarkan kepada masyarakat sekitar tentang etika batuk sebagai upaya turut membantu menanggulangi penularan TB,” tambahnya.

Oleh karena itu, RS MMC sampai saaat ini terus memasang poster bahaya batuk di sembarang tempat, “Karena hanya dengan kita batuk atau bersin, maka jutaan kuman TB keluar bersama dengan percikan dahak,” kata dia menjelaskan.

Etika batuk terdiri dari:

– Tutup hidung dan mulut anda menggunakan tisu/saputangan atau lengan bagian dalam baju anda saat anda batuk maupun bersin.
– Segera buang tisu yang sudah dipakai kedalam tempat sampah.

– Cuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun atau pencuci tangan berbasis alKohol.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *