Australia akan Tingkatkan Kerjasama Pertahanan dengan Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Australia dan Timor Leste telah mengisyaratkan niat mereka untuk memperdalam kemitraan pertahanan mereka setelah pertemuan antara para menteri pertahanan kedua negara di Adelaide.

Menteri Pertahanan Christopher Pyne menjamu timpalannya dari Timor-Leste, Menteri Pertahanan Brigadir Jenderal Filomeno da Paixao de Jesus, dan mengatakan “pertemuan itu merupakan kesempatan untuk semakin memperkuat kemitraan pertahanan negara-negara dengan fokus khusus pada masalah keamanan maritim”.

“Sebagai tetangga dekat, kami memiliki kepentingan bersama di wilayah yang aman, dan bekerja bersama adalah cara terbaik untuk mencapai ini,” kata Menteri Pyne.

Timor-Leste sedang bersiap untuk menerima dua Kapal Patroli Kelas Wali yang dibangun oleh Australia untuk komponen angkatan laut militernya, bersama dengan paket “komprehensif” dukungan Australia untuk mengoperasikan kendaraan-kendaraan ini.

“Kapal Patroli Kelas Penjaga akan memberi Timor Leste kemampuan patroli maritim yang kuat yang sesuai dengan kebutuhannya, tetapi ini hanya satu elemen dari arsitektur keamanan maritim yang lebih luas yang dikembangkan oleh Timor-Leste,” kata Menteri Pyne.

“Menteri Filomeno dan pemerintah Timor Leste memiliki visi besar untuk Otoritas Maritim yang terintegrasi untuk mengawasi semua aspek keamanan maritim Timor Leste, dan Australia akan berupaya mendukung visi ini dengan segala cara yang dapat dilakukan.

“Saya telah menawarkan bantuan Pertahanan untuk mendukung kesadaran domain maritim Timor-Leste dan kami sepakat untuk mencari cara untuk memperkuat kerja sama kami dalam masalah keamanan maritim.”

Pertemuan antara kedua menteri saat Timor-Leste ditutup selama 20 tahun sejak Konsultasi Rakyat untuk Kemerdekaan pada Agustus 1999.

“Kami menantikan peringatan tonggak bersejarah ini untuk Timor Leste, dan mengakui keberhasilannya yang luar biasa selama 20 tahun terakhir,” kata Menteri Pyne.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *