Hanya Langit Batas untuk Pemuda Lulusan Penerbangan Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Babcock Australasia (Babcock), perusahaan kedirgantaraan dan pertahanan, telah mengumumkan bahwa siswa penerbangan dan karyawan Babcock, Pedro de Jesus Ximenes Belo, telah lulus dari Flight Training Adelaide dan berada di jalur untuk bergabung dengan tim Babcock Offshore Services Australia yang beroperasi di Laut Timor.

Belo bergabung dengan Babcock pada 2017 sebagai bagian dari proses perekrutan yang ditargetkan di Timor Leste. Dia adalah pilot peserta pelatihan di antara tim yang lebih luas yang terdiri dari sumber daya lokal yang dipekerjakan oleh Babcock, dengan fokus pada pengembangan pengetahuan dan kemampuan lokal daripada mengandalkan impor staf yang terampil. Dengan beberapa pengalaman terbang sebelumnya, ia menyelesaikan induksi perusahaan di Dili sebelum melakukan perjalanan ke Australia Selatan untuk memulai kursus pelatihan pilot komersial (helikopter) intensif dengan Flight Training Adelaide.

Kursus 61 minggu ini melibatkan 165 jam terbang, 54 jam simulator, dan sekitar 900 jam sekolah dasar. Tinggal jauh dari rumah di negara yang berbeda dengan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, ia harus berusaha lebih keras daripada kebanyakan siswa.

Belo lulus dengan lisensi Pilot Helikopter Komersial, diploma Lisensi Penerbangan Pilot Komersial (CPL), dan Peringkat Instrumen Komando multi-mesin. Dia juga berhasil menyelesaikan kursus Kerjasama Multi-kru, memberinya keterampilan untuk bekerja dalam lingkungan multi-kru.

Salah satu dari tujuh saudara kandung, Belo mengatakan dia sangat menikmati bekerja di penerbangan dan sangat berterima kasih untuk bekerja dan melatih di bidang yang dipilihnya di negara asalnya karena ada beberapa peluang yang tersedia secara lokal. Dia bermaksud untuk tinggal di Timor Leste dan terbang lepas pantai pada akhir pelatihannya.

Andrew Cridland – direktur pelaksana Aviation Offshore – mengatakan pencapaian Belo adalah penghargaan atas kerja keras dan semangatnya, dan mewakili upaya bersama oleh Babcock dalam mengembangkan tenaga kerja lokal dan mendukung masyarakat luas di Timor-Leste. “Babcock dengan bangga mendukung individu-individu yang berdedikasi seperti Pedro dalam mengejar keberhasilannya, dan kami menantikan upaya berkelanjutannya memuji tim Layanan Lepas Pantai dalam waktu dekat.”

Setelah beberapa waktu istirahat yang layak, Belo akan melakukan pelatihan lebih lanjut melalui Babcock untuk diberi peringkat pada H175. Dia akan menyelesaikan pelatihan teknis H175 di Dili, diikuti dengan enam minggu pelatihan simulasi di Prancis.

Sebagai bagian dari tim Babcock’s Offshore Services Australia, Belo bergabung dengan 19 warga negara Timor-Leste yang menyediakan layanan helikopter lepas pantai kepada ConocoPhillips sebagai operator Proyek Usaha Patungan Bayu-Undan di Laut Timor. ConocoPhillips memberikan Babcock kontrak pada April 2017, dan layanan dimulai pada Januari 2018.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *