Warga Timor Leste Tertarik Politik, Meski Merasa Negara Menuju Arah yang Salah

SURABAYAONLINE.CO-Sebuah jajak pendapat baru tentang warga negara Timor Leste oleh Pusat Penelitian Wawasan Lembaga Penelitian Republik Internasional (IRI) mengungkapkan ketertarikan yang tinggi terhadap politik, meskipun semakin banyak orang yang merasa negara ini menuju ke arah yang salah.

“Sementara itu menyangkut bahwa sejumlah warga percaya bahwa negara ini menuju ke arah yang salah, itu mendorong untuk melihat kepercayaan yang berkelanjutan pada lembaga-lembaga pemerintah,” kata Direktur Regional IRI untuk Asia Johanna Kao. “Pemerintah harus membangun itikad baik ini untuk memperkuat ketahanan demokrasi muda negara ini.”

Tiga puluh sembilan persen responden percaya bahwa Timor-Leste menuju ke arah yang salah, peningkatan 7 poin dari Mei 2017. Pandangan ini sangat menonjol di antara pria berusia 17-34 (49 persen) dibandingkan dengan wanita pada usia yang sama (38). persen).

Gabungan 80 persen mengatakan peristiwa politik 2017 dan 2018 membuat mereka “jauh lebih tertarik” (50 persen) atau “agak lebih tertarik” (30 persen) dalam proses politik. Demikian pula, 66 persen berpikir pemerintah melakukan pekerjaan yang “sangat baik” (26 persen) atau “baik” (40 persen).

Konsisten dengan survei sebelumnya, kualitas jalan yang buruk terus menjadi perhatian utama bagi responden (27 persen), diikuti oleh akses ke air bersih (22 persen) dan pekerjaan (10 persen).(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *