Timor Leste Terapkan Sistem Penyebarluasan Data Umum IMF

TIMOROMAN.COM-Timor Leste telah meluncurkan Halaman Ringkasan Data Nasional (NSDP), yang mengimplementasikan rekomendasi dari Sistem Penyebaran Data Umum yang Disempurnakan (e-GDDS). NSDP adalah “pusat data” ekonomi untuk publikasi statistik makroekonomi resmi, baik dalam format manusia maupun mesin. Timor Leste telah mendapat manfaat dari proyek Peningkatan Penyebaran Data di Wilayah Asia dan Pasifik, yang dibiayai oleh pemerintah Jepang, yang bertujuan untuk membantu negara-negara mempromosikan penyebaran data di bawah inisiatif standar data IMF.

NSDP diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Statistik di situs webnya, menggunakan standar Data Statistik dan Metadata Exchange (SDMX) untuk transmisi data yang dapat dibaca mesin. Tautan ke NSDP Timor Leste tersedia di Papan Buletin Standar Penyebaran IMF.

Publikasi data makroekonomi utama negara tersebut melalui NSDP akan memberi para pembuat kebijakan, pemangku kepentingan domestik dan internasional, termasuk investor dan lembaga pemeringkat, dengan akses mudah ke informasi yang telah diidentifikasi oleh Dewan Eksekutif IMF sebagai hal penting untuk memantau perkembangan ekonomi dan keuangan di negara tersebut.

Membuat informasi ini mudah diakses baik dalam format manusia maupun yang dapat dibaca mesin di satu tempat akan memungkinkan semua pengguna memiliki akses simultan ke data yang tepat waktu, akan membawa transparansi data yang lebih besar, dan menyederhanakan pelaporan Timor-Leste ke berbagai lembaga.

Louis Marc Ducharme, Direktur Departemen Statistik IMF, menyambut tonggak utama dalam pengembangan statistik negara ini. “Saya mengucapkan selamat kepada otoritas Timor-Leste atas peluncuran NSDP, sebuah langkah maju yang penting dalam penyebaran data. Saya yakin bahwa Timor-Leste akan mendapat manfaat dari menggunakan e-GDDS sebagai kerangka kerja untuk pengembangan lebih lanjut dari sistem statistiknya.”(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *