Bea Cukai Gelar Pertemuan dengan Customs of Timor Leste Bahas Beberapa Kesepakatan

TIMOROMAN.COM-Bea Cukai Indonesia adakan pertemuan dengan Bea Cukai Timor Leste membahas kelanjutan kerja sama antar kedua instansi. Pertemuan yang dihadiri oleh Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat, diadakan pada hari Senin (31/1).

Pertemuan itu ditujukan untuk melakukan pertukaran informasi tentang isu-isu di perbatasan, terutama terkait barang-barang ilegal seperti ballpress, bahan bakar, dan kendaraan bermotor, serta kerja sama yang akan ditempuh untuk menanganinya.

Syarif mengungkapkan, Bea Cukai Indonesia dan Bea Cukai Timor Leste akan mengadakan kerja sama dalam bidang penegakan hukum, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM). Untuk memperkuat kerja sama tersebut kedua instansi kepabeanan akan menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama.

“Dalam bidang enforcement Bea Cukai Indonesia dan Bea Cukai Timor Leste akan melakukan perukaran informasi dan melaksanakan joint task force. Joint task force dilakukan untuk melakukan kegiatan pengawasan bersama, Joint Control Delivery, dan Joint Law Enforcement terkait dengan penyelundupan narkotika, perdagangan barang gelap dan kejahatan lintas negara lainnya,” ujar Syarif.

Sementara dalam bidang pengembangan SDM, Bea Cukai Indonesia akan membantu Bea Cukai Timor Leste untuk memberikan bantuan berupa capacity building kepada Timor Leste. “Hal ini dikarenakan Bea Cukai Timor Leste tengah mempersiapkan reformasi untuk instansinya sehingga peningkatan kualitas sumber daya mutlak diperlukan,” ungkap Syarif seperti diberitakan JPNN.COM

Lebih lanjut Syarif mengungkapkan bahwa skema bantuan capacity building nantinya akan dilakukan dalam dua metode, di antaranya Bea Cukai Indonesia akan mengirimkan expert ke Timor Leste untuk menjadi narasumber atau trainer dalam workshop atau pelatihan yang diselenggarakan oleh Timor Leste.

“Ataupun sebaliknya, Bea Cukai Indonesia akan mengundang perwakilan pejabat dan pegawai dari Bea Cukai Timor Leste untuk menghadiri pelatihan yang diselenggarakan oleh bea Cukai Indonesia,” pungkas Syarif.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *