IMF: Kegiatan Politik Pengaruhi Ekonomi Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Tim Dana Moneter Internasional (IMF) yang dipimpin oleh Niklas Westelius mengunjungi Timor Leste dari tanggal 14-25 Januari untuk mengadakan diskusi Konsultasi Artikel IV 2019. Diskusi mencakup perkembangan terkini dan kebijakan ekonomi saat ini, serta prospek ekonomi jangka menengah.

Pada akhir kunjungan, Westelius membuat pernyataan berikut:

“Ketidakpastian politik mempengaruhi kegiatan ekonomi Timor Leste pada tahun 2017 dan hampir sepanjang tahun 2018. Namun, dengan pengeluaran pemerintah yang diperkirakan akan mendapatkan kembali momentum pada tahun 2019, pertumbuhan PDB non-minyak diproyeksikan akan pulih menjadi sekitar 5 persen pada tahun 2019.

Inflasi naik pada tahun 2018 dan diperkirakan akan mencapai sekitar 3 persen pada akhir 2019, di bawah target pemerintah sebesar empat persen. Pengeluaran fiskal akan terus bergantung pada penarikan dari Dana Perminyakan karena sumber pendapatan domestik tetap rendah. Defisit transaksi berjalan eksternal membaik pada 2017-18 di tengah pengeluaran fiskal yang lebih rendah.

“Ketidakpastian politik merupakan risiko penurunan utama terhadap prospek jangka pendek, dengan potensi untuk mengurangi pengeluaran publik dan memperlambat upaya reformasi.

Dalam jangka menengah, kemajuan yang tidak memadai untuk mendiversifikasi ekonomi dan menciptakan lapangan kerja sektor swasta dapat memperburuk hasil pasar kerja. Selain itu, dengan pendapatan minyak dari ladang aktif yang diharapkan berakhir pada tahun 2022, penarikan terus-menerus dari Dana Perminyakan dapat menimbulkan risiko terhadap keberlanjutan fiskal jangka panjang.

Di luar jangka menengah, pengembangan ladang Greater Sunrise mewakili risiko terbalik, asalkan proyek tersebut layak secara teknis dan ekonomi dan bahwa pengamanan yang tepat diambil untuk meminimalkan risiko pendanaan.

“Mengingat tantangan-tantangan ini, tim IMF menekankan bahwa strategi fiskal diperlukan untuk memastikan kesinambungan fiskal jangka panjang dan melindungi aset Dana Perminyakan. Strategi tersebut harus fokus pada penguatan kontrol dan efisiensi pengeluaran, memobilisasi pendapatan domestik dengan meningkatkan kepatuhan pajak dan menerapkan pajak pertambahan nilai, dan memanfaatkan pinjaman konsesional secara efektif.

“Lebih lanjut, tim menekankan bahwa mendorong pertumbuhan sektor swasta dan peluang kerja untuk angkatan kerja yang tumbuh cepat harus menjadi prioritas. Untuk tujuan ini, akan sangat penting untuk meningkatkan kualitas dan akses ke pendidikan dan perawatan kesehatan, mengurangi kekurangan keterampilan yang ada dan yang muncul, dan mengatasi ketidaksetaraan gender dan desa-kota. Selain itu, meningkatkan lingkungan bisnis harus membantu mendorong pembentukan bisnis, mempromosikan investasi swasta, dan menghasilkan peluang kerja.

“Tim mengakui kemajuan yang dibuat sejauh ini dalam pengembangan sistem pembayaran dan implementasi agenda inklusi keuangan. Upaya berkelanjutan untuk mengembangkan sektor keuangan harus membantu menyalurkan tabungan domestik ke investasi produktif, sementara memperluas akses ke layanan keuangan akan sangat penting untuk memfasilitasi diversifikasi dan mempromosikan pertumbuhan inklusif. Memastikan kerangka kerja peraturan dan pengawasan yang kuat dan efektif akan penting untuk menjaga stabilitas keuangan ketika sektor keuangan berkembang. ”

Tim IMF bertemu dengan Perdana Menteri Taur Matan Ruak, Penjabat Menteri Keuangan Sara Lobo Brites, Gubernur Bank Sentral Abraão de Vasconselos, Menteri Reformasi Legislatif dan Urusan Parlemen Fidelis Manuel Leite Magalhães, Menteri Pekerjaan Umum Salvador Soares dos Reis Pires, dan senior lainnya pejabat. Tim juga mengadakan diskusi dengan mitra pembangunan serta perwakilan dari sektor swasta dan masyarakat sipil.

Tim IMF ingin mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dan rakyat Timor-Leste atas keramahtamahan mereka dan berharap mereka setiap keberhasilan dalam upaya berkelanjutan mereka untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kemiskinan dan pengangguran.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *