Komunikasi Seluler Berkembang Pesat di Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Timor Leste melihat adanya dorongan pada pasar broadband jalur tetap yang tertinggal. Infrastruktur saluran tetap masih terbatas di Timor Leste dan investasi jalur tetap yang signifikan terbatas karena ekspansi layanan seluler yang kuat di negara ini. Karena layanan seluler memungkinkan jangkauan yang cepat dan efektif dari bagian penting negara, tekanan untuk memperluas layanan tetap berkurang.

Timor Leste terus maju dengan regenerasi ekonominya dan pembangunan kembali infrastruktur. Upaya untuk meluncurkan infrastruktur telekomunikasi khususnya telah menjadi bagian penting dari ini. Terlepas dari energi yang cukup besar yang telah masuk ke dalam pembangunan kembali ini, lingkungan sosial dan politik yang ada terus menghadirkan tantangan besar bagi mereka yang ingin memperbaiki negara.

Pada tahun 2018, Telin Timor-Leste (Telkomcel) mulai menggelar unit percabangan kabel bawah laut yang menghubungkan Timor Leste dengan Indonesia.

Penetrasi broadband tetap di Timor Leste tetap sangat rendah terutama karena terbatasnya jumlah sambungan tetap dan dominasi platform seluler. Namun, pasar telah tumbuh kuat selama lima tahun terakhir dari basis yang sangat kecil.

Timor Telecom dikontrak untuk penyediaan, pemasangan, dan konfigurasi jaringan serat optik. Ini akan membantu mendorong pertumbuhan yang lebih kuat selama beberapa tahun ke depan. Selama lima tahun ke depan hingga 2023 pasar diperkirakan akan tumbuh sangat kuat tetapi penetrasi pasar secara keseluruhan akan tetap sangat rendah dibandingkan dengan negara lain.

Selama 2017 ketiga operator seluler utama: Timor Telecom, Telkomcel dan Telemor meluncurkan layanan 4G LTE dan peluncuran mereka berlanjut selama 2018.

Pertumbuhan lambat hingga sedang diperkirakan selama lima tahun ke depan hingga 2023 di pasar pelanggan seluler. Ini akan terhambat dari pertumbuhan yang lebih tinggi karena persaingan lokal yang kuat dan pasar yang matang.

Timor Leste telah melihat peningkatan penetrasi broadband seluler yang sangat cepat selama lima tahun terakhir, didorong oleh meningkatnya tingkat pelanggan seluler dengan smartphone. Namun, pasar broadband seluler masih pada tahap awal pengembangan. Pertumbuhan yang kuat diperkirakan selama lima tahun ke depan hingga 2023.

Perkembangan utama:

– Ketiga operator seluler utama: Timor Telecom, Telkomcel dan Telemor terus meluncurkan layanan 4G LTE.

– Timor Telecom menandatangani perjanjian baru dengan SES untuk kapasitas pada satelit orbit bumi geostasioner NSS-12.
Timor Telecom memilih SES untuk peluncuran layanan uji coba Wi-Fi di ibukota Dili.

– Penetrasi broadband tetap di Timor Leste tetap sangat rendah, tetapi baru-baru ini diperluas.

– Telah ada peningkatan penetrasi broadband seluler yang sangat cepat selama lima tahun terakhir.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *