Cahaya Misterius Gemparkan Warga Australia, UFO atau Santa

TIMOROMAN.COM- Beberapa pembaca Advertiser.com.au melaporkan melihat cahaya misterius yang mereka sebut UFO, sekitar pukul 01.30 dini hari, dari seluruh kota dan sejauh Karkoo di Semenanjung Eyre, Australia Selatan.

Salah seorang pembaca, Dylan Hooper, mengaku melihat objek misterius tersebut saat berkendara pulang dari Ceduna.

“Cahayanya sangat terang. Awalnya mengira itu adalah bulan di balik awan. Tak ada sesuatu yang istimewa, hanya memudar setelah lima menit,” kata Hooper seperti dikutip dariNews.com.au, Senin (24/12/2018).

Menulis di halaman Facebook The Advertiser, seseorang bernama Rob Sanchez juga mengaku melihat penampakan cahaya misterius itu. “Aku melihatnya! Cahaya putih terang dengan benda kecil dari dalamnyanya. Lalu menghilang.”

Beberapa pembaca dengan sinis berspekulasi bahwa cahaya itu mungkin adalah Santa Claus atau Sinterklas yang sedang uji coba menjelang hari besarnya, Natal. Sementara yang lain mengemukakan teori yang lebih masuk akal – meskipun belum dapat dikonfirmasi, dikaitkan dengan keberhasilan peluncuran satelit militer AS oleh SpaceX Elon Musk di Florida sebelumnya.

Paul Curnow, dosen astronomi dari Planetarium UniSA di Mawson Lakes mengatakan dia masih menyelidiki penampakan misterius itu. Namun dilihat dari foto yang ditunjukkan kepadanya oleh Advertiser.com.au, ia mengatakan jawaban roket mungkin lebih masuk akal.

“Dari foto Anda yang terlihat adalah sangat mirip peluncuran roket, saat roket di ketinggian,” jelas Curnow.

Sementara seorang juru bicara dari Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil (CASA) Australia belum memberikan penjelasan resmi atas penampakan yang disebutnya berada di angkasa luar dan bukan pesawat terbang.

Terakhir kali orang-orang Australia Selatan dihebohkan dengan penampakan cahaya misteriusterjadi lebih dari setahun yang lalu. Ketika itu pendar yang cemerlang terlihat di seluruh negara bagian, mengubah malam menjadi seperti siang hari.

Sejauh ini para ahli dari Curtin University di Perth mengatakan mereka cukup yakin penampakan misterius itu adalah bola api.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *