Indonesia Terus Bantu Timor Leste untuk Jadi Anggota ASEAN

TIMOROMAN.COM-Upaya bergabungnya Timor Leste ke ASEAN masih terhambat karena adanya penolakan kuat dari salah satu negara anggota.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI Jose Tavares menegaskan bahwa Indonesia membantu upaya Timor Leste menjadi anggota ke-11 ASEAN.

Jose menuturkan belum lama ini Komite Wakil Tetap (CPR) ASEAN telah berkunjung ke Timor Leste untuk menilai kesiapan negara tersebut bergabung ke ASEAN.

“Ke depannya kita akan terus gandeng Timor Leste dalam pertemuan yang sifatnya bukan untuk pengambilan keputusan,” jelas Jose usai acara ‘ASEAN Diplomatic Gathering’ di Kemlu RI, Jakarta, Selasa (11/12).

Jose menjelaskan bahwa Timor Leste telah diundang dalam Expanded ASEAN Maritime Forum (EAMF) di Manila. Kehadiran mereka dalam forum tersebut guna mengamati proses diskusi antarnegara anggota ASEAN.

“Dengan begitu diharapkan mereka tahu harus bagaimana pada saatnya menjadi anggota ASEAN nanti,” ujarnya.

Tidak hanya Indonesia, dukungan agar Timor Leste bergabung dalam ASEAN juga datang dari negara anggota lainnya yakni Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Meski begitu, Jose menegaskan bahwa keanggotaan Timor Leste harus berdasar pada konsensus semua negara anggota.

“Kami di tingkat ofisial hanya mempersiapkan kesiapan mereka saja. Hal ini memerlukan keputusan politik dan keputusan itu dipegang oleh para kepala negara. Yang kita tahu sejauh ini ada satu negara yang tidak menyetujui,” lanjutnya.

Upaya bergabungnya Timor Leste ke ASEAN masih terhambat karena adanya penolakan kuat dari salah satu negara anggota. Jose mengatakan bahwa Indonesia sudah berusaha melobi dan melakukan pendekatan terhadap negara anggota yang menolak usulan ini.

“Kita (Indonesia) terus melakukan pendekatan, kita juga jelaskan ada baiknya merangkul negara di kawasan Asia Tenggara yang belum secara resmi bergabung dalam ASEAN,” ungkap Jose. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *