Timor Leste Capai Kesepakatan Membeli Saham Shell

TIMOROMAN.COM-Menurut Reuters, Timor Leste telah mencapai kesepakatan untuk membeli saham Royal Dutch Shell di ladang gas alam Greater Sunrise yang terletak di lepas pantai utara Australia.

Perjanjian sebesar AUS $ 300 juta untuk 26,56% saham dalam proyek ini akan memungkinkan Timor Leste  untuk mendorong pembangunan di lapangan. Ladang itu terletak di perbatasan Timor Leste dan Australia, dan perselisihan mengenai perbatasan ini telah menyebabkan keterlambatan dalam pembangunan.

Menurut Reuters, pembelian itu tergantung pada apakah atau tidak persetujuan pendanaan diberikan oleh Dewan Menteri Timor Leste dan Parlemen Nasional, serta peraturan dan persetujuan lainnya.

Perjanjian terbaru ini mengikuti keputusan ConocoPhillips untuk menjual 30% sahamnya di proyek ini pada bulan Oktober tahun ini. Reuters melaporkan bahwa mitra yang tersisa dalam proyek ini termasuk Woodside Petroleum dan Osaka Gas.

Menurut Reuters, perselisihan atas perbatasan telah diselesaikan awal tahun ini. Sekarang, Timor Timur dilaporkan mencari untuk mengembangkan Greater Sunrise dengan mengangkut gas melalui pipa ke sebuah kilang LNG di pantai selatannya. Mitra proyek, sementara itu, telah mendukung pabrik yang berlokasi di Darwin, Australia.

Menurut Reuters, para mitra di ladang Greater Sunrise telah menyatakan bahwa tidak akan menguntungkan untuk melanjutkan dengan opsi Timor.

Meskipun analis dilaporkan tidak yakin tentang kemungkinan bidang yang mengalami pengembangan dalam 10 tahun mendatang (karena fakta bahwa pihak masih perlu menyetujui persyaratan fiskal, serta kesepakatan berdentang), Reuters melaporkan bahwa pembangunan dapat dimulai jika pihak lain memutuskan untuk terlibat, yaitu perusahaan Cina dan Korea Selatan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *