Buaya Australia Serang Warga Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Angka serangan buaya telah melonjak lebih dari 20 kali lipat di Timor Leste dalam waktu kurang dari satu dekade – dan para ahli berpikir para buaya dari Northern Territory (NT) dapat disalahkan sebagai pelakunya.

Para ahli percaya buaya NT mungkin berada di balik melonjaknya tingkat serangan di Timor Leste
Mereka berharap pengambilan sampel DNA buaya akan segera menguji teori

Peneliti Sebastian Brackhane dan Grahame Webb menerbitkan sebuah makalah penelitian awal tahun ini, menguraikan mengapa mereka berpikir para crocs Territory berenang lebih dari 600 kilometer dan menyerang satu orang setiap bulan di negara pulau kecil itu.

Namun pakar buaya lainnya, Adam Britton, skeptis. Dia mengatakan buaya bisa dengan mudah bermigrasi dari Papua Barat, Indonesia, atau bahkan Queensland.

Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti adalah dengan melakukan tes DNA, yang direncanakan oleh Dr Webb dan Mr Brackhane untuk segera dilaksanakan.

Jika terbukti, teori mereka dapat menimbulkan pertanyaan bagi Australia tentang konservasi dan pengelolaan buaya.

Sebagian besar orang yang diserang di Timor Leste adalah nelayan , orang yang mengumpulkan air atau mandi – kegiatan yang sangat penting untuk kehidupan sehari-hari di sana.

Lebih lanjut memperumit masalah adalah fakta buaya dipuja oleh banyak masyarakat Timor, karena mereka berlabuh dalam mitos penciptaan dan diyakini sebagai “kakek dari rakyat”.

Meskipun teori migrasi mereka belum diuji, Dr Webb mengatakan bahwa kasus tersebut harus mencolok bagi siapa pun yang berkepentingan dengan konservasi.

“Di seluruh dunia, sepengetahuan saya, tidak ada kesejajaran yang nyata dengan ini,” kata Webb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *