Piala AFF 2018: Timor Leste Nyaris Permalukan Filipina

TIMOROMAN.COM– Timnas Filipina memetik kemenangan tipis 3-2 atas Timor Leste dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018. Dalam laga ini, Filipina memang mampu unggul lebih dulu. Akan tetapi, semangat pantang menyerah para pemain Timor Leste di babak kedua berhasil membuat Filipina kelimpungan.

Laga dimulai dengan serangan yang lebih dulu dibangun para pemain Timor Leste. Maklum saja, pasalnya pada laga ini Timor Leste mengincar poin pertama mereka, setelah pada dua laga sebelumnya selalu mengalami kesalahan. Pada menit kelima Nelson Sarmento Viegas melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti. Sayangnya, bola masih bisa dihentikan.

Alih-alih berusaha mencetak gol, Timor Leste justru harus kebobolan di menit ke-27. Menerima umpan dari Stephan Schrock, Phil Younghusband lekas menuntaskannya dengan tendangan mendatar. Bola meluncur kencang ke dalam gawang Timor Leste tanpa bisa dibendung. Filipina unggul 1-0.

 Pada menit ke-33, Filipina menambah keunggulannya. Kali ini giliran Martin Steuble yang mencatatkan namanya di papan skor setelah melepaskan tembakan dari luar kotak penalti usai menerima umpan dari Kevin Ingreso. Gol ini membuat Filipina menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Derita Timor Leste semakin bertambah di babak kedua. Pasalnya, pada menit ke-68 Filipina kembali menambah pundi-pundi golnya. Alberto Martinez De Murga dengan gemilang menyambut umpan Kevin Ingreso dari sepak pojok menggunakan sundulannya. Bola meluncur ke dalam gawang dan membawa Filipina berada di atas angin 3-0.

Ketika pertandingan seolah sudah berakhir bagi Timor Leste, mereka justru melesakkan gol di menit ke-73. Timor Leste mendapatkan hadiah penalti usaiPaul Mulders melakukan pelanggaran di kotak terlarang. Nataniel De Jesus Reis yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk memperkecil keadaan. Skor kini menjadi 3-1.

Gol Jesus Reis itu sontak memompa semangat bertarung Timor Leste. Tak ayal, dua menit berselang Timor Leste kembali mencetak gol. Kali ini gol dibuat oleh Joao Pedro Da Silva Freitas yang melepaskan tendangan kaki kiri kencang dari tengah kotak penalti. Gol tersebut membuat skor berubah menjadi 3-2.

Di sepanjang sisa pertandingan. Timor Leste terus berpuaya mencari satu gol tambahan guna mencari hasil imbang. Sayangnya, hingga wasit meniup peluiit panjang, keadaan tetap tidak berubah. Filipina memenangkan laga ini dengan skor ketat 3-2.

Susunan Pemain:

Timor Leste: Fernandes, Gusmao, Junior Da Costa, Ferreira, Monteiro, Freitas, De Jesus, De Oliveira, Ramos Freitas, Gama, Sarmento Viegas

Filipina: Falkesgaard, Ingreso, Martinez De Murga, Mulders, Sato, James Younghusband, Strauss, Steuble, Schrock, Phil Younghusband, Reichelt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *