PM Australia Umumkan Bantuan Dana Infrastruktur $ 2 miliar untuk Pasifik termasuk Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah mengumumkan bahwa negara tersebut akan menyiapkan dana A $ 2 miliar untuk mendukung pembangunan infrastruktur di seluruh Wilayah Pasifik demikian pernyataan yang dirilis 12 Nov 2018.

Dalam pidatonya minggu lalu Morrison mengatakan negara itu akan menciptakan fasilitas pendanaan infrastruktur Australia untuk Pasifik. Fasilitas ini akan mencakup pembangunan infrastruktur di negara-negara Pasifik serta Timor Leste.

“Ini akan menggunakan dana hibah dikombinasikan dengan pinjaman jangka panjang untuk mendukung pembangunan infrastruktur prioritas tinggi,” kata Morrison.  Ini juga akan memungkinkan proyek-proyek ini untuk memanfaatkan dukungan yang lebih luas. Ini akan berinvestasi dalam infrastruktur penting seperti telekomunikasi, energi, transportasi, air dan akan meregangkan dana bantuan kita lebih jauh. ”

Pakar hukum infrastruktur Jeremy King of Pinsent Masons, firma hukum di balik Out-Law.com, mengatakan bahwa dana yang diperlukan untuk mendapatkan kembali karena itu adalah investasi daripada bantuan pembangunan resmi.

“Seseorang akan berharap bahwa mandat dana baru ini adalah untuk melakukan model keuangan kasus dasar yang kuat dan studi kelayakan teknis untuk setiap proyek baru di bagian depan, dan bekerja dengan pemerintah berdaulat untuk merestrukturisasi proyek berdasarkan solvent di bagian belakang, jika ada yang salah, ”kata King.

Australia sudah menjadi pemasok bantuan terbesar ke kawasan Pasifik, membelanjakan US $ 6,6 miliar sejak 2011, melampaui pengeluaran China sebesar 1,3 miliar dolar, menurut data yang dihasilkan oleh lembaga think tank Lowy Institute.

King mengatakan belanja bantuan China tidak termasuk investasi oleh perusahaan milik negara China dan kontraktor dalam proyek yang berlokasi di Pasifik.

“Angka itu akan mendekati A $ 10 miliar dalam beberapa tahun terakhir, dan mencakup penambangan, pembangkit listrik tenaga air, budidaya air, kehutanan dan pengembangan real estat,” katanya.

“Ini konsisten dengan prakarsa” satu sabuk, satu jalan “China. Bagian dari prakarsa ini melibatkan Cina yang menghubungkan dunia melalui versi modern dan maritim dari Jalur Sutra, ”kata King.

Morrison mengatakan dalam pidatonya bahwa itu penting hubungan Australia dengan Pasifik terus tumbuh lebih kuat. Dia mengumumkan bahwa pemerintah akan meminta parlemen Australia untuk memberikan lembaga pembiayaan ekspor Efic tambahan A $ 1 milyar dalam modal callable dan kekuatan pembiayaan infrastruktur yang lebih fleksibel untuk mendukung investasi di kawasan dengan “manfaat nasional yang luas untuk Australia”.

Langkah-langkah baru akan meningkatkan kemampuan Efic untuk mendukung usaha kecil dan menengah Australia untuk aktif di kawasan Pasifik, kata Morrison.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *