Henrique Cruz ingin Main di Liga Thailand

TIMOROMAN.COM-Matchday pertama Grup B Piala AFF 2018 melawan Thailand, Jumat (9/11/2018), akan jadi pertandingan pertama Timnas Timor Leste sejak 2004 di turnamen sepak bola paling elite di kawasan ASEAN itu.

Selama 14 tahun terakhir, negara bekas provinsi di Indonesia itu gagal bermain di putaran final, baru pada edisi 2018 ini mereka akhirnya mengakhiri penantian selama 14 tahun.

Meski harus menjalani laga kandang di markas lawan, Timnas Timor Leste tetap menyambut pertarungan melawan Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, dengan antusias.

The Rising Sun, julukan Timnas Timor Leste, diprediksi mengandalkan duo pemain muda di lini depan, Henrique Cruz dan Rufino Walter Gama, untuk menekan Thailand.

Duet itu diharapkan langsung tancap gas pada matchday pertama untuk mengawali kampanye Timor Leste di Piala AFF 2018 dengan baik.

Asa itu bisa jadi akan terwujud dan Thailand wajib waspada dengan itu. Pasalnya, ada motivasi lain yang diusung duet muda itu saat keduanya tampil nanti.

Keduanya ingin tampil cemerlang, tak hanya sekadar membawa Timor Leste mencapai hasil terbaik, melainkan juga berharap bisa sekaligus mempromosikan diri di depan pemangku kepentingan sepak bola Thailand.

Siapa tahu, ada klub yang meminati untuk menggunakan jasa mereka. Henrique mengungkap, ia ingin berkiprah di liga top Asia Tenggara. Satu di antaranya, tentu Thai League.

“Sepak bola Thailand itu standar tertinggi di bagian dunia ini dan saya sudah menanti bertanding melawan mereka,” kata Henrique.

“Kami akan tampil lepas dan memainkan permainan kami, tapi saya ingin tampil mengesankan dan mungkin bermain di Thai League suatu saat nanti. Itu akan memungkinkan saya mendapatkan pengalaman baru dalam karier sepak bola saya, dan jika saya mendapat kesempatan itu, saya akan menggunakannya sebaik mungkin,” imbuh penyerang Boavista itu.

Henrique merupakan satu di antara pemain muda bersinar yang dimiliki sepak bola Timor Leste. Ia bergabung dengan timnas sejak usia 17 tahun dan sejauh ini mencetak tiga gol dalam 19 pertandingan.

“Kami di sini bukan hanya sekadar berpartisipasi. Kami ingin melakukan yang terbaik, mencoba, dan mendapatkan beberapa poin dan semoga bisa mencetak beberapa gol,” kata pemain 20 tahun itu.

“Jika saya bisa mencetak satu atau dua gol, itu akan luar biasa, tapi hal itu hanya akan berarti jika gol saya bisa membantu Timor Leste memenangi pertandingan atau bermain imbang,” lanjutnya.

Sejauh ini Timnas Timor Leste dianggap tim terlemah di Grup B karena selain menghadapi Thailand, juga harus bersua Indonesia, Filipina, dan Singapura. Akan jadi pencapaian luar biasa seandainya Henrique dkk. meraih poin sekadar satu atau dua dari persaingan di grup neraka itu.

Sumber: Fox Sports Asi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *