Piala AFF 2018: Gelora Darah Muda Timor Leste

TIMOROMAN.COM- Piala AFF 2018 akan mulai bergulir pada awal November nanti. Timor Leste menjadi salah satu lawan yang menghadang Timnas Indonesia pada turnamen dua tahunan ini.

Pada Piala AFF 2018, Timor Leste dan Timnas Indonesia sama-sama berada di Grup B. Sedangkan tiga tim lainnya adalah Filipina, Singapura, dan juara bertahan Thailand.

Dibanding peserta lain, Timor Leste menjadi yang termuda. Ini merupakan kali kedua negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia itu tampil di pentas Piala AFF.

Tim Lorosae pertama kali tampil pada Piala AFF 2004 lalu. Kala itu, Timor Leste masih jadi penggembira. Tergabung di Grup B bersama, Myanmar, Thailand, Malaysia, dan Filipina, Timor Leste sama sekali tidak mendapatkan poin alias kalah dalam empat pertandingan.

Sejak saat itu, Timor Leste selalu gagal masuk ke putaran final. Timor Leste selalu kandas di babak kualifikasi yang wajib diikuti tim dengan ranking terendah di antara negara Asia Tenggara.

Pada edisi 2012, Timor Leste nyaris lolos ke putaran final. Sayangnya, mereka finis di peringkat ketiga di kualifikasi yang berlangsung dengan format grup, kalah bersaing dengan Laos dan Myanmar.

Setelah empat edisi absen, Timor Leste kembali lagi di Piala AFF 2018. Pasukan Norio Tsukitate berhasil lolos dari babak kualifikasi usai menekuk Brunei Darussalam dengan agregat 3-2.

Pada leg pertama, Timor Leste menjamu Brunei Darussalam di Stadion Kuala Lumpur Malaysia, 1 September 2018. Meski tampil di negeri orang, Timor Leste menang 3-2.

Di leg kedua, giliran Timor Leste yang bertandang ke Brunei Darussalam. Tampil di Hassanal Bolkiah Stadium, Bandar Seri Begawan, Timor Leste kalah dengan skor 0-1. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *