Warga Timor Leste Favoritkan NTT Sebagai Tujuan Wisata

TIMOROMAN.COM– Ternyata, warga Timor Leste menjadikan Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai salah satu destinasi wisata favorit. Sejak perbaikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain, Atambua, tercatat pariwasata NTT terus alami kenaikan.

Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia menjelaskan, jumlah kunjungan wisman ke NTT terkoreksi positif. Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Mota Ain, Atambua, Belu, menjadi pintu masuk besar bagi wisatawan. Khususnya Timor Leste. Sepanjang April, jumlah kunjungan wisatawan Timor Leste mencapai 5.571 orang atau naik 6,11% dari bulan sebelumnya 5.250 orang.

“Posisi NTT ini strategis karena berbatasan langsung dengan Timor Leste. Dengan beragam kelebihan yang dimiliki NTT, wilayah ini menjadi destinasi menarik bagi warga Timor Leste. Kenaikan 6,11% ini menjadi progress positif, sebab kunjungan wisman terus tumbuh di NTT,” terang Maritje seperti dalam keterangan resminya Kamis (14/6/2018).

Mengoptimalkan aksesibilitas darat, PLBN Mota Ain jadi jalur yang sibuk bagi wisatawan Timor Leste. Maritje pun menambahkan, wisatawan Timor Leste menuju ke berbagai destinasi setelah berada di NTT.

Selain berwisata, mereka juga beraktivitas bisnis dan agenda pemerintahan. “Ada banyak agenda selama berada di sini. Tapi, mereka tetap menikmati suasana eksotis dari NTT,” lanjutnya.

Wisata alam dan budaya

Biasanya wisata alam dan seni budaya yang dimiliki NTT menjadi yang favorit. Provinsi ini memiliki tradisi Pasola yang tersohor. Pasola menjadi rangkaian upacara tradisional Suku Sumba yang tersebar di Kodi, Lamboya, Wonokaka, dan Gaura. Wilayah ini juga memiliki Pantai Nihiwatu di Sumba Barat yang menjadi surga bagi para surfer.

Destinasi favorit lainnya Danau Kelimutu. Destinasi ini ada di puncak Gunung Kelimutu di Pulau Flores. Terkenal dengan Danau Tiga Warna, area ini memiliki perairan dengan warna merah, biru, juga putih. Ada juga Pulau Komodo, Rinca, Padar, juga Alor. NTT juga menawarkan Pantai Merah atau Pink Beach hingga Pantai Batu Biru. Pesona lainnya, Air Terjun Tujuh Tingkat Oehala, Cunca Wulang, dan Tangedu.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *