Cara Bersihkan Karang Gigi Pakai Bahan Sederhana

TIMOROMAN.COM-Kotoran serta sisa makanan yang menyelip dan tak dibersihkan di sela-sela gigi akan menjadi plak atau karang gigi. Makin lama, plak tersebut akan makin sulit dibersihkan bahkan cenderung menebal.

Karang gigi tak boleh diabaikan, karena bisa memicu penyakit gusi dan masalah lainnya. Dokter gigi kerap menyarankan untuk secara rutin memeriksakan gigi enam bulan sekali, salah satunya termasukmembersihkan karang gigi.

Akan tetapi bagi Anda yang sibuk atau jauh dari klinik dokter gigi, maka bisa membersihkan sendiri plak tersebut memakai bahan sederhana yang ada di rumah. Berikut ini caranya seperti dilansir lamanBoldsky:

Kulit jeruk

Ambil bagian kulit jeruk, lalu gosok pada bagian gigi dalam dan luarnya. Gosok hingga kulit jeruk terkelupas, lalu biarkan tanpa dibilas. Kandungan zat pada kulit jeruk mampu membunuh bakteri, mengurangi pembentukan karang, memutihkan gigi dan melunakkan karang gigi. Biarkan selama beberapa jam lalu gosok gigi seperti biasa. Ulangi beberapa kali dalam sepekan untuk hasil terbaik.

Baking soda

Campur baking soda dan garam dalam jumlah perbandingan yang sama. Misalnya satu sendok garam dan satu sendok baking soda. Gosok pada permukaan gigi, dan biarkan beberapa saat. Bilas setelahnya.

Lidah buaya

Ambil gel lidah buaya atau bagian tengah lidah buaya, campurkan dengan baking soda dan beberapa tetes perasan jeruk lemon. Gunakan untuk menggosok gigi dan bilas hingga bersih.

Dengan rutin membersihkan karang gigi maka kesehatan Anda secara keseluruhan juga lebih terjaga.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *