Pengadilan Nyatakan Partai Koalisi Xanana Menang Pemilu

TIMOROMAN.COM-Koalisi oposisi Timor Leste, termasuk sebuah partai yang dipimpin oleh pahlawan kemerdekaan Xanana Gusmao, memenangkan mayoritas kursi dalam pemilihan 12 Mei, pengadilan telah mengkonfirmasi.

Pemungutan suara baru dipanggil untuk mengakhiri kebuntuan berbulan-bulan di negara itu, di mana ada pemerintahan minoritas yang dipimpin oleh Perdana Menteri Mari Alkatiri sejak Juli 2017.

Partainya memprotes dugaan ketidakberesan selama pemungutan suara, tetapi pengadilan banding menolak pengaduan.

Aliansi Perubahan untuk Kemajuan (AMP) memenangkan 49,6 persen suara, kata Deolindo dos Santos, kepala Pengadilan Banding Timor Timur.
Aliansi, sebuah koalisi Kongres Nasional Gusmao untuk Rekonstruksi Timor dan dua partai lainnya, mengamankan 34 dari 65 kursi di Parlemen.

Partai Fretilin yang keluar dari Alkatiri menang 34,2 persen.
Fidelis Magalhaes, seorang pejabat dari aliansi, mengatakan hasilnya harus memecah kebuntuan.
“Timor Leste harus memiliki pemerintahan yang berdiri dan berasal dari mayoritas mutlak di Parlemen,” kata Magalhaes melalui telepon.

Dia menolak berkomentar mengenai spekulasi bahwa mantan presiden dan perdana menteri Gusmao akan berdiri lagi sebagai perdana menteri.

Kampanye pemilu dirusak oleh kekerasan sporadis, meskipun Timor Timur sebagian besar telah damai dalam beberapa tahun terakhir setelah serangan berulang ketidakstabilan politik yang dideritanya sejak kemerdekaan dari Indonesia pada tahun 2002.
Pemilihan parlemen tahun 2017 tidak menghasilkan pemenang yang jelas, dengan partai Fretilin memenangkan hanya 0,2 persen suara lebih banyak daripada CNRT, dan membentuk pemerintahan minoritas.
Presiden Timor Leste Francisco “Lu Olo” Guterres membubarkan Parlemen pada bulan Januari dan menyerukan pemilihan baru, pemilihan parlemen kelima sejak kemerdekaan.
Calon dalam pemilu telah berkampanye tentang janji untuk mengembangkan pendidikan dan kesehatan dan meningkatkan pertanian dan pariwisata di negara 1,2 juta orang.(REUTERS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *