Turis dari Timor Leste ke NTT Meningkat

TIMOROMAN.COM-Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Timur mencatat arus wisatawan mancanegara dari negara Timor Leste ke NTT pada April 2018 mencapai 5.250 orang atau meningkat dari Maret sebesar 3.799 orang.

“Wisatawan dari Timor Leste ke NTT tercatat meningkat sekitar 38,19 persen. Mereka masuk terutama melalui Atambua, Kabupaten Belu,” kata Kepala BPS NTT Maritje Pattiwaellapia di Kupang, Kamis, 3 Mei 2018.

Ia mengatakan, umumnya wisatawan mancanegara dari Timor Leste menuju NTT melalui jalur darat lewat sejumlah Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Pulau Timor seperti Motain, Motamasin, dan Wini.

Kepala Dinas Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu, dihubungi Antara secara terpisah, mengemukakan pemerintah provinsi setempat terus berupaya menggenjot arus wisatawan dari negara Timor Leste.

Menurutnya, pasar wisatawan mancanegara dari Timor Leste cukup potensial karena negara itu juga terhubung dengan penerbangan langsung seperti dari Singapura dan Australia.

“Pergerakan wisatawan dari berbagai negara bisa dengan mudah dan cepat masuk ke NTT melalui jalur darat dari Timor Leste karena letaknya berdekatan,” katanya.

Marius mengatakan, untuk itu salah satu upaya menarik arus wisatawan mancanegara itu dengan menghadirkan kegiatan seni budaya seperti tarian Likurai di Bukit Fulan Fehan Kabupaten Belu sebagai kegiatan tahunan.

“Pada Juni 2018 juga akan digelar lagi festival Likurai ini, sehingga diharapkan dapat menarik minat banyak wisatawan mancanegara dari Timor Leste maupun dari berbagai negara yang masuk melalui negara itu,” katanya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *