Nilai Indeks Korupsi Indonesia, Lebih Buruk dari Timor Leste

TIMOROMAN.COM- Indeks Korupsi Indonesia berdasarkan hasil survei Transparency International untuk tahun 2017 berada di angka 37. Angka yang dimiliki Indonesia kalah satu angka di bawah Timor Leste dengan angka 38.

“Negara yang alami kenaikan di Asean adalah Brunei Darussalam pada tahun 2016 skornya 58 dan sekarang 62, lalu Timor Lester pada 2016 di angka 35 dan pada tahun 2017 di angka 38,” kata peneliti Transparency International Indonesia Wawan Suyatmiko di hotek Sari Pan Pasific, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (22/2/2018).

Sementara itu, Singapura masih memiliki skor indeks korupsi tertinggi diantara negara-negara Asean dengan skor 84 dan berada diurutan empat dunia selain New Zealand yang berada diurutan pertama, lalu menyusul Denmark, Finlandia, dan Norwegia.

Untuk pergerakan indeks korupsi Indonesia dalam lima tahun terakhir, Indonesia bergerak dari angka 32 di tahun 2013, angka 34 di tahun 2014, angka 36 di tahun 2015, dan angka 37 di tahun 2016 dan 2017.

Sementara itu, Sekjen Transparansi Internasional Indonesia (TII) Danang Triasasongko menyebutkan bahwa hasil yang dapatkan Indonesia sebagai cermin untuk berbenah diri bersama-sama.

“CPI berapa pun skornya ini tugas semua komponen bangsa, bukan hanya pemerintah, KPK, DPR, termasuk juga masyarakat sipil juga punya tanggungjawab,” tegasnya.

Perlu diketahui, terdapat 4 sumber data yang menyumbang kenaikan CPI (World Economic Forum, Global Insight Country Risk Ratings, Bertelsmann Foundation Transformation Index, IMD World Competitiveness Yearbook), dua mengalami stagnasi (Economist Intelligence Unit Country Ratings, Political Risk Service), dan dua kali mengalami penurunan yang signifikan (World Justice Project, Political & Economic Risk Consultancy).(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *