Pemain Ski Ini Ingin Perkanalkan Timor Leste Dibanding Raih Medali

TIMOROMAN.COM-– Empat tahun setelah menyelesaikan pertandingan yang terakhir di Sochi, pemain ski Yohan Goncalves Goutt mengatakan bahwa dia kembali untuk mempromosikan Timor Leste di Olimpiade Pyeongchang.

“Saya tidak benar-benar bertujuan meraih medali,” kata pria  berusia 23 tahun itu kepada Reuters Television. “Saya kembali untuk menunjukkan kepada dunia bendera saya dan berbicara tentang Timor Leste sebanyak yang saya bisa.”

Goncalves Goutt kelahiran Prancis, yang mulai bermain ski di Pegunungan Alpen pada usia dua tahun, melakukan debut Olimpiade Musim Dingin yang mewakili negara Asia tenggara yang kecil pada Olimpiade Sochi 2014.

Dia adalah finisher ke-43 dan terakhir di slalom pria di Sochi dari lapangan awal 115.

“Saya sangat berharap bisa turun dari lereng dan memperbaiki waktuku dan memiliki waktu yang jauh lebih baik dari Sochi dan masuk 50 besar,” katanya. “Itu akan sangat bagus.”

Mewakili Timor Leste, yang bahasa Tetum tidak memiliki kata untuk bermain ski, merupakan bagian dari klaim internasionalnya yang terkenal empat tahun lalu, katanya.

Permainan ini lebih bersifat pribadi bagi Goncalves Goutt, yang lahir dari ayah Prancis dan ibu Timor. Dia adalah seorang pengungsi anak ke Australia dari negara yang juga dikenal sebagai Timor Leste.

Sebuah bekas koloni Portugis di sebelah barat laut kota Darwin di Australia, Timor Leste mengumumkan kemerdekaannya pada tahun 1975 namun kemudian diserang oleh Indonesia. Salah satu negara termiskin di dunia, negara ini menjadi negara yang berdaulat pada tahun 2002.

“Bagi dunia mungkin begitulah cara saya naik banding, seperti buah eksotis, tapi itu juga hal yang lebih pribadi,” katanya.

“Pertarungan paman saya untuk kemerdekaan Timor … Itu adalah cara bagi saya untuk memberikan kembali juga. Jadi, ada banyak hal pribadi yang melibatkan saya mewakili Timor setiap hari. “(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *