Bertemu Menlu Timor Leste, Retno Bahas Proyek Jembatan Motaain

TIMOROMAN.COM- Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi melakukan pertemuan dengan Menlu Timor Leste Aurelio Gutteres. Pertemuan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan.

“Baru saja kami melakukan pertemuan bilateral dalam suasana persahabatan yang hangat dan pertemuan berlangsung dengan efektif dan konstruktif,” ujar Retno di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jl. Pejambon, Jakarta Pusat, Rabu (31/1/2018).

Beberapa hal penting yang dibahas dalam pertemuan tersebut diantaranya adalah fokus kerja sama ekonomi dengan pembangunan infrastruktur.

“Kerja sama ekonomi yang kita bahas berdua yaitu peningkatan kerjasama pembangunan infrastruktur dan kita sepakat bahwa pembangunan jembatan motaain dapat segera dilakukan,” kata Retno.

Dalam konteks ekonomi, keduanya juga membahas tentang pendidikan dan capacity building. Pembangunan jalur darat dari Kupang ke Dili juga dibahas dalam pertemuan itu.

“Selain itu kita juga membahas connectifity darat karena ada rencana juga PT damri dalam membuka jalur darat antara kupang ke dili dalam secara positif juga disambut oleh pak menlu,” sambung Retno.

Soal negosiasi maritim, Retno mengatakan disepakati akan dimulai dari bagian utara. Hal tersebut pernah dibahas oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Untuk negosiasi maritim kita sepakat agar segera dimulai agar untuk segment bagian utara karena ini juga pernah dibahas dalan kunjungan Presiden Jokowi di Timor Leste,” papar Retno.

Sementara itu, Gutteres mengatakan kesepakatan pada pertemuan ini akan ditindaklanjuti. Ia berharap kunjungan ini dapat meningkatkan hubungan Indonesia dan Timor Leste pada berbagai bidang.

“Tentu dari pihak Timor Leste apa yang dibahas tentu harus kita lanjutkan dan tujuan utama itu supaya kita tetap menjalin hubungan kedua negara,” tutur Gutteres.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *