Indonesia dan Timor Leste Kerja Sama Bangun Jembatan di Perbatasan

TIMOROMAN.COM- Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional X Kupang, NTT, Hadrianus Bambang Nurhadi Widihartono mengatakan, Pemerintah Indonesia akan menjalin kerja sama dengan Timor Lesteterkait pembangunan jembatan di Pos Lintas Batas Negara Mota Ain, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Menurut Hadrianus, belum lama ini telah dilakukan pertemuan antara perwakilan dari kedua negara untuk membahas pembangunan jembatan itu.

“Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian PUPR, ingin memperbaiki sejumlah jembatan di perbatasan yang sudah harus dipugar,” ucap Hadrianus kepada Kompas.com, Jumat (26/1/2018).

Hadrianus menyebutkan, walaupun pembangunan jembatan itu menggunakan anggaran dari Pemerintah Indonesia, tetapi jembatan itu masuk ke wilayah Timor Leste. Namun, hal itu sudah dibicarakan antara kedua negara.

“Kementerian Luar Negeri juga sudah membicarakan hal ini dengan Timor Leste,” ujar Handrianus.

Dia menambahkan, Kementerian Luar Negeri Indonesia akan menjadi fasilitator pembangunan jembatan sepanjang 30 meter itu. Adapun pembangunannya akan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga.

“Sudah ada kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste. Kami masih menunggu nota kesepahamannya,” tuturnya.

Handrianus meyakini bahwa Pemerintah Timor Leste juga pasti menyetujui pembangunan jembatan itu karena merupakan satu-satunya jalur resmi yang harus dilewati oleh para pelintas dari kedua negara.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *