Kapal Perang Australia yang Pernah Betugas di Timor Leste Ditenggelamkan

TIMOROMAN.COM-Penyelam scuba dan snorkler akan segera bisa menjelajahi kapal angkatan laut dari dasar samudra, saat kapal tersebut melaju untuk ditenggelamkan menciptakan terumbu buatan. Ex-HMAS Tobruk diluncurkan pada bulan Maret 1980, sebagai kapal angkat berat amfibi pertama Angkatan Laut Kerajaan Inggris, dan ditempatkan di 26 operasi besar, termasuk ke Bougainville, Timor Leste dan Kepulauan Solomon, yang berlayar lebih dari 1,7 juta kilometer.

Selama 34 tahun karirnya, kapal tersebut menyediakan kemampuan angkat berat untuk mengangkut peralatan dan personel, dan bisa mengangkut 18 tank dan menyediakan akomodasi hingga 520 tentara. Kapal itu dinonaktifkan pada bulan Juli 2015.

HMAS Tobruk diperkirakan akan ditenggelamkan di perairan Wide Bay, antara Bargara / Burnett Heads dan Hervey Bay, pada pertengahan 2018 dan akan memungkinkan penyelam rekreasi dan snorkler untuk menjelajahinya melalui pemesanan dengan operator komersial terpilih.

Pemerintah Queensland telah membuka ungkapan minat para operator untuk menyediakan kegiatan penyelaman rekreasi di lokasi di Great Sandy Marine Park.

Great Barrier Reef Minister, Leeanne Enoch mengatakan bahwa tempat penyelaman tersebut akan menarik wisatawan dari seluruh Australia dan dunia, dengan para penyelam mampu menjelajahi celah-celah dan celah-celah sebuah kapal tua angkatan laut yang bersejarah.

“Pantai Fraser cukup beruntung untuk memiliki banyak sekali lokasi berbasis wisata alam, termasuk K’gari (Pulau Fraser), tempat penenunan kura-kura Mon Repos, area pengamatan paus Hervey Bay yang terkenal di dunia, dan lahan basah di Great Sandy Selat, “katanya.

Manajer proyek HMAS Tobruk Steven Hoseck mengatakan bahwa lokasi penyelaman dapat diakses oleh penyelam swasta di kapal mereka sendiri melalui sistem pemesanan, sehingga mereka bisa melihat kapal sepanjang 127 meter.

“Tobruk melayani negara ini selama 34 tahun, dan sepatutnya kapal untuk melayani sisa waktunya dari bawah permukaan laut, memberikan pengalaman unik bagi para penyelam,” kata Hoseck.

“Dia akan menambah banyak atraksi alam yang ada di kawasan ini dan akan mendukung ekosistem laut di perairan Wide Bay, yang akan membuat tempat menyelam semakin spektakuler untuk dikunjungi.”

Sejak akhir 1990an, enam kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris telah dilarikan ke Australia.
Ex-HMAS Tobruk akan menjadi “kapal pendarat berat pertama” yang akan ditenggelamkan di perairan Australia, dan akan memberikan pengalaman menyelam yang unik, berbeda dengan kapal perusak dan kapal selam yang tercerai-berai, karena ditandai oleh kargo besar yang membentang hampir seluruhnya, panjang dari buritan sampai busur.

Dek belakang bagian atas diantisipasi berada dalam air yang dangkal dari jarak 18 meter, menarik bagi penyelam air terbuka dan perenang snorkel, sementara dek tangki internal diperkirakan berukuran 25 meter, menarik bagi para penyelam tingkat lanjut dan teknis.

Juru bicara Taman Margasatwa dan Satwa Liar Queensland mengatakan bahwa jumlah terumbu buatan dibandingkan dengan terumbu karang di Queensland sangat minim.

The Great Barrier Reef sepanjang 2300 kilometer dan memiliki luas 348.700 kilometer persegi.
“Terumbu buatan mencakup terumbu karang yang dibangun khusus dan juga bangkai kapal sejarah,” kata juru bicara tersebut.

Pemerintah Queensland telah memasang terumbu buatan Harry Atkinson, West Peel, East Coochie, Wild Banks, North Moreton, South Stradbroke dan Turner di Moreton Bay.
Di Taman Laut Sandy Besar, pemerintah memasang terumbu buatan Simpson dan Hardie, sementara di Mooloolaba, ia menciptakan bekas karang buatan HMAS Brisbane. Ada juga terumbu buatan lainnya di Queensland yang dipasang oleh organisasi independen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *