Timor Leste Tolak Blokade AS atas Kuba

TIMOROMAN.COM-Menteri Luar Negeri dan Kerjasama Luar Negeri Timor Leste, Aurelio Guterres, mengungkapkan solidaritasnya dengan pemerintah dan rakyat Kuba dan berharap untuk berakhirnya blokade ekonomi komersial dan finansial yang diberlakukan oleh Amerika Serikat di Kuba.

Dalam sebuah surat yang ditujukan kepada Menteri Luar Negeri Kuba Bruno Rodríguez, menteri tersebut menyatakan bahwa, sebagai anggota Organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa, Timor Leste memperingatkan perlunya untuk mengakhiri tindakan tersebut, untuk melindungi hak-hak Kuba dan akses terhadap barang-barang yang diperlukan.

Sebagai tanda prinsip timbal balik dan hubungan baik, Timor Leste mengungkapkan dukungannya untuk rakyat dan menentang blokade pemerintah AS, tambahnya.

Blokade AS yang diberlakukan oleh Amerika Serikat di Kuba sejak 7 Februari 1962 dan diubah menjadi undang-undang pada tahun 1992 dan 1995, dianggap sebagai pelanggaran hak asasi manusia Kuba yang sangat besar, mencolok dan sistematis dan memenuhi syarat sebagai tindakan genosida.

Pada saat yang sama, kebijakan ini merupakan hambatan terbesar bagi pelaksanaan Rencana Pembangunan Ekonomi dan Sosial Nasional, dan untuk pengembangan secara umum semua potensi ekonomi.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *