Peter Roberts Duta Besar Australia untuk Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Australia telah menunjuk seorang duta besar baru untuk Timor Leste, setelah tahun yang menegangkan dalam hubungan bilateral. Peter Roberts, seorang diplomat karir, akan mengambil alih jabatan menggantikan Peter Doyle.

“Hari ini saya mengumumkan pengangkatan Peter Roberts OAM sebagai Duta Besar Australia berikutnya untuk Timor-Leste, demikian PM Australia Julie Bishop.

Ia mengatakan, Australia dan Timor-Leste menikmati ikatan lama dan mendalam yang didukung oleh hubungan orang-ke-orang dan pendidikan yang kuat. Lebih dari 550 orang Timor telah belajar di Australia dengan beasiswa Australia Award dan lebih dari 440 orang Australia telah melakukan studi di Timor Leste melalui New Colombo Plan. Timor-Leste adalah negara sumber terbesar ketiga dalam Program Pekerja musiman Australia, yang memberi kesempatan bagi pengusaha Australia dan pekerja Timor Leste.

Australia adalah mitra pembangunan Timor Leste yang terbesar dan kami mendukung tujuan Timor Leste untuk melakukan diversifikasi ekonomi dan menciptakan pertumbuhan dan pekerjaan yang berkelanjutan. Kemitraan pembangunan kami berfokus pada peningkatan penghidupan pedesaan, meningkatkan hasil pembangunan manusia dan memperkuat tata kelola pemerintahan. Hubungan keamanan kita diperkuat melalui program pengembangan kapasitas pertahanan dan kepolisian.

Roberts adalah perwira senior karir dengan Departemen Luar Negeri dan Perdagangan dan terakhir adalah Asisten Sekretaris, Cabang Barang Asia Utara. Di Canberra, dia telah memegang berbagai posisi, termasuk sebagai negosiator utama dalam Japan Australia Economic Partnership Agreement, China Australia Free Trade Agreement dan Korea Australia Free Trade Agreement. Dia juga pernah bekerja sebagai Direktur, Bagian Jepang. Dia sebelumnya bertugas di luar negeri sebagai Penasihat Politik, Kedutaan Besar Australia, Tokyo; Sekretaris Kedua, Komisi Tinggi Australia, Apia; dan Senior Civilian Monitor, Peace Monitoring Group, Bougainville.

Roberts meraih gelar Bachelor of Asian Studies (Hons) dari Universitas Nasional Australia / Tohoku University Jepang, dan Bachelor of Science dari ANU.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Duta Besar Peter Doyle atas kontribusinya untuk memajukan kepentingan Australia di Timor Leste sejak tahun 2014,” demikian Bishop.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *