Ayo Nonton Paus dan Dolphin di Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Timor Leste sangat tergantung oleh minyak dan gas bumi. Ekspor mereka hanyalah kopi. Untuk itu pemerintah Timor Leste berusaha sekuat tenaga melakukan diversifikasi untuk menambang devisa. Salah satunya melalui turisme.

Salah satu yang potensi dijual adalah melihat ikan paus dan dolphin. Di Lovina Bali melihat dolphin sudah menjadi atraksi wisata alam yang spektakuler. Di Timor Leste dengan alam yang masih murni, tentu lebih menarik dan menantang.

Paus dan lumba-lumba dapat dilihat sepanjang tahun, selama bulan Oktober-Desember, di Selat Wetar dan Ombai, yang mengalir di kedua sisi Pulau Ataúro (Pulau Kambing) , menjadi jalur migrasi utama dari Pasifik ke Samudera Hindia.

Tempat ini dianggap sebagai hotspot global karena keragaman, keragaman dan kepadatan cetacea, polong besar (ratusan) dan berbagai spesies, termasuk paus biru dan ikan humpback, dapat dilihat saat ini. Terkadang ini dari pantai tapi lebih sering dari kapal. Melihat lumba-lumba dan paus di alam liar merupakan pengalaman yang luar biasa.

Menyeberang dari Dili setiap saat sepanjang tahun terus terlihat seolah-olah penampakan umum terjadi.

Untuk charter melihat ikan paus dan lumba-lumba selama musim migrasi menghubungi perusahaan selam atau mintalah akomodasi Ataúro Anda untuk operator perahu lokal lainnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *