7.289 Warga Timor Leste Dilayani Kapal Rumah Sakit China Peace Ark

TIMOROMAN.COM-Kapal rumah sakit angkatan laut China Ark Peace telah menyelesaikan pelayanan medis delapan hari kemanusiaannya di Timor Leste dan meninggalkan Pelabuhan Dili menuju China.

Selama berada di Timor Leste sebanyak 7.289 orang dirawat oleh dokter China.

Perdana Menteri Timor Leste Mari Alkatiri melakukan kunjungan ke kapal tersebut dan menerima pemeriksaan kesehatan pada 17 Desember.

Alkatiri mengatakan bahwa dia menghargai dokter China untuk perawatan yang hangat dan penuh perhatian dan dia percaya pada kemampuan medis mereka seperti mempercayai China.

Presiden Timor Leste Francisco Guterres, juga dikenal sebagai Lu-Olo, dan istrinya juga menaiki Ark Peace dan mengunjungi veteran yang sedang dirawat di kapal.

Presiden sangat gembira saat melihat pecahan peluru dikeluarkan dari tubuh veteran.

Lu-Olo memuji bahwa Ark Peace telah memberikan kontribusi besar bagi para veteran Timor Leste.

Ark Peace menerapkan layanan medis kemanusiaan di seluruh dunia, yang mencerminkan tanggung jawab internasional China sebagai kekuatan utama, tambahnya.

Kedatangan Ark Peace adalah kabar baik bagi masyarakat setempat. Tim medis dikirim ke Pulau Atauro, 30 km dari Dili, pada 16 Desember.

Evodia Soares adalah seorang gadis berusia 17 tahun di sebuah sekolah menengah setempat. Kemampuan pendengarannya menurun secara bertahap setelah mengalami demam serius empat tahun lalu. Dia bilang dia merasakan sakit di telinga kirinya, tapi dia tidak pernah bertemu dokter tahun ini.

Dokter Cina Wang Wei memeriksa telinganya dengan hati-hati, lalu dia memberikan resep dan beberapa saran untuk pasiennya untuk melindungi telinga.

“Dokter China sangat baik, saya ingin menjadi dokter di masa depan,” kata Evodia.

Direktur Rumah Sakit Atauro Vila Lucas Morais mengatakan bahwa rumah sakitnya merupakan satu-satunya utilitas medis di pulau ini yang terdiri dari delapan dokter, delapan bidan dan empat perawat, bekerja untuk 12.000 penduduk.

Morais berharap tim medis bisa tinggal di sana berhari-hari.

Tidak hanya penduduk yang membutuhkan layanan medis, namun juga rekan-rekannya ingin mempelajari lebih banyak keterampilan medis dari dokter China, Morais menambahkan.

Ark Peace mengirim empat tim ke tempat yang berbeda, terutama di daerah terpencil, dan menyediakan layanan medis gratis untuk masyarakat setempat.

Pakar medis China juga melakukan latihan penyelamatan bersama dengan petugas dan tentara tentara Timor Leste, yang pertama dari jenisnya di antara kedua negara.

Rajesh Pandav, perwakilan WHO untuk negara tersebut, memuji bahwa Ark Peace menunjukkan tanggung jawab dan citra China di dunia.

Ark Peace berlayar dari Zhoushan, China pada 26 Juli untuk layanan medis kemanusiaan. Kapal tersebut tiba di Timor-Leste, kunjungan terakhir pada 14 Desember setelah mengunjungi tujuh negara Afrika, termasuk Djibouti, Sierra Leone, Gabon, Republik Kongo, Angola, Mozambik dan Tanzania.

Sejak 2008, Ark Peace telah mengunjungi lebih dari 30 negara dan menyediakan layanan medis gratis untuk lebih dari 170.000 orang.(CN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *