Makan Durian dan Minum Soda Ternyata Aman

SURABAYAONLINE.CO-Musim durian tiba artinya pedagang buah yang beraroma tajam itu akan melimpah di berbagai tempat. Tidak sulit memperoleh buah dengan kulit keras berduri tersebut di tanah air, apalagi harganya pun sangat terjangkau. Berbagai jenis tumbuh di Indonesia lengkap dengan cita rasa serta ciri khasnya masing-masing

 Namun yang perlu diketahui, sebaiknya Anda tidak makan buah durian bersamaan dengan minum minuman soda. Ada bahaya tersendiri yang mempengaruhi kesehatan jika hal itu Anda lakukan. Bahkan mitos yang beredar menyebut bahwa tindakan tersebut bisa memicu kematian.

Menanggapi hal itu, Prof. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST menjelaskan tentang mitos larangan makan durian dan minuman bersoda.

Menurut dia, hingga kini memang belum ada penelitian khusus terkait hal itu. Akan tetapi fakta bahwa durian mengandung alkohol dalam jumlah yang cukup tinggi itu benar. Bahkan jika seseorang mengonsumsi buah itu dalam jumlah yang banyak maka dapat mnimbulkan reaksi pusing dan mual.

“Durian itu sudah mengandung alkohol tinggi. Secara alami buah-buah yang sudah matang itu mengandung alkohol. Contohnya kelengkeng. Kalau dia sudah matang dan kita makannya terlalu banyak, terkadang menimbulkan rasa pusing, itu karena mabuk alkohol,” jelas Nuri Andarwulan seperti dilansir laman okezone.com, Rabu (20/12/2017).

Adanya kandungan alkohol pada buah-buahan itu diproduksi saat buah menuju matang atau menuju proses pembusukan.

Namun jika Anda minum minuman soda bersamaan dengan makan durian, efeknya tak semengerikan mitos yang beredar. Asal jumlah durian yang dikonsumsi tidak berlebihan, hal itu masih aman.

“Tapi kalau makan duriannya 1 buah, kemudian minum tuak, itu memang kombinasi yang buruk,” tandasnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *