Mengenal Kain Tais Tradisional Timor Leste

SURABAYAONLINE.CO-Tais adalah kain tenun tradisional yang dibuat oleh perempuan di Timor Leste dan digunakan dalam upacara adat/ritual khusus seperti: upacara pernikahan, pemakaman dan upacara mas kawin ( feto sau mane) Tais juga sebagai pakaian/kostum yang digunakan sebagai unit pertukaran dan sering dirancang dalam mengandung citra tradisional dan pola simbolis dan warna.

Jenis Tais lain yang akan anda lihat adalah sebuah Selendang syal seperti Tais yang ditempatkan di sekitar leher. Tais ini sering diberikan sebagai hadiah pada upacara penyambutan tamu-tamu dari dalam maupun luar negeri dan upacara perpisahan.

Tais Timor Leste pada mulanya dibuat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sebagai busana penutup dan pelindung tubuh, kemudian berkembang untuk kebutuhan adat (pesta, upacara, tarian, perkawinan, kematian dll), hingga sekarang merupakan bahan busana resmi dan modern yang didesain sesuai perkembangan mode, juga untuk memenuhi permintaan/kebutuhan konsumen. Dalam perkembangannya, kerajinan tenun merupakan salah satu sumber pendapatan masyarakat Timor Leste.

Tais Timor Leste menarik perhatian karena keindahan dan nilai etnik yang terkandung di dalamnya. Dan merupakan salah satu kebudayaan tradisional Negara Timor Leste yang patut di lestarikan. Namun dengan berjalanya era globalisasi dan modernisasi ini banyak orang Timor kini kreatif dalam membuat TAIS yang dulu hanya dipakai dalam upacara-upacara tradisional kini bisa dibuat menjadi berbagai macam asesoris atau cindera mata bagi orang timor sendiri dan bagi tamu-tamu dari luar negeri yang ingin oleh-oleh khas Timor. Yakni Tais dapat dibuatkan dalam bentuk: tas, kain meja, tempat ballpoint, tempat buku, buat jas, kustum, gelang, anting-anting dll..(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *