Kebiasaan Makan Cepat Dapat Memicu Kegemukan

TIMOROMAN.COM-Hasil penelitian yang dipresentasikan dalam forum American Scientific Sessions 2017 mengungkap bahwa seseorang yang mempunyai kebiasaan makan cepat mempunyai kecenderungan mengalami gemuk. Tidak hanya itu, kebiasaan makan cepat juga lebih mudah membuat orang mengalami sindrom metabolik.

Mengapa menyebabkan kegemukan, adalah karena fluktuasi naiknya kadar gula dalam darah, sehingga memicu resistensi insulin.

Sedangkan sindrom metabolik dikenal sebagai kombinasi masalah kesehatan yang meningkatkan risiko munculnya penyakit seperti jantung, diabetes dan stroke, demikian dilansir oleh laman Independent, Kamis (16/11/2017).

Sindrom metabolik umumnya terjadi saat seseorang mengalami obesitas perut, gula darah tinggi, tekanan darah tinggi serta trigliserida tinggi. Inilah kombinasi masalah kesehatan yang memicu munculnya penyakit kronis di atas.

“Makan dengan perlahan dan tidak tergesa-gesa dapat membantu mencegah sindrom metabolik,” ungkap Takayuki Yamaji, MD, peneliti dan ahli jantung di Universitas Hiroshima di Jepang.

Penelitian yang dilakukan Universitas Hiroshima di Jepang mengikutsertakan 642 pria dan 441 wanita. Mereka ini diawal penelitian tidak mempunyai masalah sindrom metabolik maupun penyakit kronis.

Kebiasaan makan mereka dicatat, dan digolongkan menjadi tiga kelompok yakni kelompok makan cepat, normal, dan makan lambat.

Selanjutnya lima tahun setelah penelitian awal, kondisi kesehatan mereka diperiksa kembali. Hasilnya, relawan dari kelompok makan cepat berisiko 11,6 persen mengalami sindrom metabolik.

Yang normal hanya 6,5 persen, sedang makan lambat 2,3 persen mungkin mengalami sindrom metabolik.

Kelompok makan cepat juga lebih banyak mengalami penambahan lingkar pinggang dan berat badan dibanding kelompok lainnya.

Mengapa demikian, Takayuki Yamaji menjelaskan bahwa jika seseorang makan cepat maka ia lama merasa kenyang dan cenderung makan lebih banyak.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *