Wärtsilä Pastikan Ketersediaan Energi di Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Kelompok teknologi Wärtsilä akan memastikan masa hidup yang maksimal dan kinerja yang terjamin dari pembangkit listrik Hera dan Betano, yang terletak di Timor-Leste, di Asia Tenggara. Perjanjian operasi dan pemeliharaan lima tahun dengan pemerintah Republik Demokratik Timor Leste ditandatangani pada kuartal kedua tahun 2017.

Kedua pembangkit listrik dipantau secara real time sebagai bagian dari layanan pemeliharaan berbasis Wartsila untuk mengevaluasi kinerja instalasi dan memastikan operasi yang efisien dan optimal. Kesepakatan tersebut juga mencakup pelatihan staf lokal untuk memungkinkan mereka mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik secara mandiri. Wartsila telah bertanggung jawab atas operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik sejak 2012.

Pembangkit listrik Hera dan Betano merupakan sumber listrik penting untuk Timor Leste, melayani rumah tangga, kantor, hotel dan industri lokal, serta pelabuhan dan bandara negara tersebut. Pembangkit listrik Hera terletak di utara Timor Leste, dekat ibukota negara Dili, dan memiliki output 119 MW.

Perusahaan ini mulai beroperasi pada bulan Desember 2011. Pembangkit listrik Betano, yang terletak di bagian selatan negara ini, memiliki output 136 MW dan mulai beroperasi pada bulan Mei 2014. Wartsila memasok set pembangkit listrik dan peralatan terkait lainnya untuk kedua pabrik dan Inur Sakato pembangkit listrik.

“Kontrak operasi, perawatan dan pelatihan dengan Wartsila ini akan membantu kita memastikan pasokan listrik yang stabil di Timor-Leste,” kata Virgilio Guterres, Direktur Jenderal Electricidade De Timor Leste (EDTL), operator pembangkit listrik tersebut. “Sebagai penyedia teknologi pembangkit listrik Hera dan Betano, Wärtsilä adalah kandidat terbaik untuk mendukung visi operasi pembangkit tenaga listrik di masa depan oleh orang Timor-Leste.”

“Wärtsilä memiliki pengalaman yang luas dalam membangun, mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik. Kami bangga bertanggung jawab atas operasi dan pemeliharaan pabrik ini. Pelanggan dapat fokus pada pengembangan infrastruktur pasokan di masa depan di negara ini, dengan mengetahui bahwa Wärtsilä menjamin kinerja dan memastikan operasi yang dapat diandalkan dari dua pembangkit listrik ini, “kata Erwin Vanderkerff, Presiden Direktur Wärtsilä Indonesia.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *