Pria dengan IQ Rendah Sering Selingkuh

TIMOROMAN.COM-Selingkuh. Anda tentu sudah cukup akrab dengan kata yang satu ini. Meski bukan pelaku perselingkuhan, yakin deh kalo Anda pernah mendengarnya. Omong- omong soal selingkuh, ada sebuah penelitian menarik yang mengaitkannya dengan tingkat IQ yang rendah.

Peneliti di sebuah universitas di Inggris menemukan, pria dengan IQ lebih tinggi akan lebih setia pada pasangannya dan selalu menjunjung tinggi nilai monogami dibandingkan pria lain yang IQ-nya tergolong rendah. Penelitian menunjukkan bahwa pria-pria tukang selingkuh memiliki IQ yang lebih “jongkok” daripada pria yang setia sehidup semati dengan pasangannya.

Bukan, kebodohan ini bukan dinilai dari keteledoran yang membuat mereka tertangkap basah saat memadu kasih dengan perempuan lain. Mereka menunjukkan kebodohannya hanya dengan bersikap tidak setia.

Adalah seoranh Satoshi Kanazawa dari London School of Economics and Political Science yang melakukan penelitian ini. Menurut penelitian tersebut, terdapat hubungan antara monogami dan tingkat IQ seseorang.

Apa artinya? Dari penelitian, ditemukan bahwa pria yang memiliki IQ lebih tinggi cenderung lebih jarang selingkuh dibandingkan dengan pria yang IQ nya lebih rendah. Mereka lebih menghargai nilai hubungan yang monogami (setia pada satu pasangan saja).

Wanita Lebih Setia

Namun penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychology Quarterly ini menyebutkan bahwa hubungan antara tingkat IQ seseorang dengan angka perselingkuhan tidak berlaku pada wanita. Wanita cenderung lebih setia pada satu pasangan dan memiliki naluri alami untuk berhubungan secara monogami.

Namun berdasarkan survei lain yang dilakukan oleh General Social Survey, hubungan tingkat intelegensia dan hubungan perselingkuhan pria maupun wanita bergantung pada hal lain. Di antaranya adalah tingkat pendidikan, penghasilan, kelas sosial, ras, usia, status perkawinan, jumlah anak, dan agama.

Pada akhirnya, memang diperlukan studi lebih lanjut mengenai hubungan antara selingkuh dan tingkat IQ seorang pria.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *