Australia Latih Kemampuan Bantuan Logistik Bersama Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Dalam demonstrasi lebih lanjut tentang kemampuan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana kelas HADR, Angkatan Laut Kerajaan Australia (RAN) telah menyelesaikan operasi pengiriman amfibi peralatan medis yang cepat terkontaminasi melalui platform ke Timor Leste.

Peralatan tersebut dikirim ke ibu kota Dili melalui tiga kapal induk mekanis amfibi LCM-1E yang dioperasikan dari kapal amfibi kelas kedua RAN di Canberra, HMAS Adelaide.

Operasi tersebut dilakukan sebagai bagian dari ‘Indo-Pacific Endeavour 2017’, yang merupakan serangkaian latihan militer yang dilakukan Angkatan Pertahanan Australia (ADF) dengan mitra regional dari tanggal 4 sampai 26 November.

Payload operasi tersebut mencakup sebuah rumah sakit bergerak yang akan digunakan dalam latihan teknik multinasional tahunan terpisah yang akan diadakan di negara tersebut pada bulan Oktober 2017, kata Departemen Pertahanan Australia (DoD) dalam sebuah pernyataan .

“Menyampaikan pasokan ini ke Dili adalah kesempatan besar untuk ‘Indo-Pacific Endeavour 2017’ untuk menunjukkan kemampuan amfibi HMAS Adelaide dan bantuan kemanusiaan dan kemampuan medis ADF membawa ke wilayah ini,” kata Kapten Jonathan Earley, Komandan Australia Kelompok Tugas Bersama Angkatan Pertahanan (ADF) 661.

Sementara operasi sedang berlangsung, kapal perang rudal tempur Adelaide (Oliver Hazard Perry) HMAS Darwin, dan kapal kelas Anzac (Meko 200) dengan jenis yang sama, HMAS Toowoomba, memberikan dukungan kepada LHD di latar belakang, departemen menambahkan.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *