Bekerja Memanen Mangga di Australia Tiga Bulan Sama dengan Penghasilan Empat Tahun di Timor Leste

TIMOROMAN.COM-Daerah tropis di Australia utara penghasil mangga dan rasanya siap  dipanen. Namun, untuk menemukan cukup banyak pekerja untuk melakukan pekerjaan itu, bisa jadi menantang.

Tahun ini, sebuah peternakan di sebelah tenggara Darwin akan mengandalkan 48 pria dan wanita dari Timor Leste untuk memilih dan mengemas buah mangga mereka.

“Kami juga memilih mangga dari Australia, namun intinya adalah bahwa tidak ada jalur karir untuk mereka, Anda tahu, kami tidak dapat memilih pemetik mangga utama,” kata pemilik lahan Tou Ruchkaew.

Ini adalah tahun kedua Taman Tou di Bukit Acacia telah mempekerjakan orang Timor-Leste. Ms Ruchkaew mengatakan ada keuntungan untuk merekrut di bawah program pekerja musiman.

“Mereka pekerja yang sangat rela, dan pekerja keras.”

Salah satu dari 48 pekerja, Calisto Dejesus, mengatakan gaji yang mereka terima selama tiga bulan – setara dengan empat tahun upah di Timor Leste – adalah perubahan hidup.
“Beberapa orang menggunakan uang ini untuk menjalankan bisnis untuk diri mereka sendiri, beberapa orang membangun rumah.”

Tapi Ms Ruchkaew mengakui bahwa proses mempekerjakan pekerja musiman bisa menjadi sulit.

Dia mengatakan bahwa mereka perlu berurusan dengan tiga departemen pemerintah, dan ingin melihat lebih sedikit birokrasi.

“Jika petani tidak memilih buah, tidak ada pekerjaan untuk perusahaan pembuat kotak, tidak ada pekerjaan untuk perusahaan transportasi, tidak ada pajak yang dibayarkan untuk buruh tersebut.”

“Uang berhenti saat kita tidak bisa memilih buah mangga.”(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *